Pj Wali Kota Payakumbuh Terkesima dengan Acara Adat di Koto Nan Ompek

Pj Wali Kota Payakumbuh Terkesima dengan Acara Adat di Koto Nan Ompek

TOPSUMBAR – Pelaksanaan acara adat bertajuk “Satu Even Satu Nagari” di Kanagarian Koto Nan Ompek berlangsung meriah dan sukses menarik perhatian Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno.

Acara yang digelar pada Sabtu, 8 Juni 2024 ini mengangkat tema “Maanta Anak Daro Pulang Bamalam Manjalang Mintuo.”

Pj Wali Kota, Suprayitno menyatakan kekagumannya terhadap prosesi adat yang ditampilkan dan menekankan pentingnya mengembangkan acara-acara budaya seperti ini untuk meningkatkan potensi wisata di Kota Payakumbuh.

“Kita lihat Bali, pariwisata di sana begitu maju berkat budayanya yang kental. Melihat kearifan lokal seperti ini, kita di Payakumbuh juga bisa mengembangkan potensi kita untuk menarik wisatawan,” ujar Suprayitno di Balai Adat Nagari Koto Nan Ompek.

Suprayitno berharap bahwa dengan banyaknya acara budaya, masyarakat dan pemangku adat, terutama niniak mamak dan bundo kanduang, bisa melahirkan ide-ide baru untuk memajukan kota.

“Indonesia itu tidak hanya Bali dan Danau Toba saja. Payakumbuh juga bisa dikenal karena budaya dan kuliner yang sangat khas,” tambahnya.

Pj Wali Kota juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan kota agar bisa menarik wisatawan.

“Kita perlu peran aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan dan membangun kota kita tercinta ini,” ujarnya.

Ketua LKAAM Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk melestarikan adat di 10 nagari di Payakumbuh.

“Dengan adanya program satu event satu nagari, kami berharap dapat melestarikan adat dan budaya Minangkabau untuk generasi yang akan datang,” ujarnya.

Dt. Parmato Alam juga menambahkan bahwa acara ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat dan perantauan terhadap kebudayaan nagari serta memberikan ruang bagi generasi muda untuk menampilkan keterampilan mereka dan UMKM untuk memasarkan produknya.

Ketua Panitia dari Kanagarian Koto Nan Ompek, A Dt Simarajo Nan Runciang, berharap acara ini bisa terus berlanjut setiap tahunnya.

“Terima kasih kepada Pj Wali Kota dan LKAAM Kota Payakumbuh atas dukungannya. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan adat budaya kita dapat terus dilestarikan,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait