Pj Wali Kota Pariaman Hadiri Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Ini Harapannya

Pj Wali Kota Pariaman Hadiri Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Ini Harapannya

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Bundo Kanduang Kelurahan Lohong, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Acara yang berlangsung di Café Tongkopi pada Sabtu siang, 22 Juni 2024 ini dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan anggota organisasi Bundo Kanduang setempat.

Dalam sambutannya, Roberia mengucapkan selamat kepada para pengurus Bundo Kanduang yang baru dilantik dan berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan amanah.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan peran penting Bundo Kanduang dalam keluarga dan masyarakat, terutama dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau kepada generasi muda.

“Para Bundo Kanduang memiliki tugas penting dalam menanamkan nilai-nilai adat seperti budaya malu, sopan santun, etika, dan adab kepada generasi penerus,” kata Roberia.

Roberia juga menegaskan bahwa keberadaan organisasi Bundo Kanduang menunjukkan bahwa adat dan budaya Minangkabau tetap melekat kuat pada masyarakat Minang di mana pun berada.

Eksistensi Bundo Kanduang sangat penting dalam merawat dan menjaga budaya Minangkabau.

“Saya berharap, peran Bundo Kanduang dapat kita tampilkan kembali dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga anak-anak kita memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur. Ini penting agar mereka tidak hanya pintar, tetapi juga menjadi pemimpin yang baik di masa depan,” lanjutnya.

Mengacu pada falsafah Minangkabau “Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, alam takambang jadi guru,” Roberia menjelaskan bahwa budaya Minangkabau menempatkan Bundo Kanduang pada posisi yang sangat tinggi dan mulia.

Mereka memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

“Selain membentuk akhlak dan etika generasi muda, peran Bundo Kanduang juga diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial, baik di lingkungan keluarga, sanak famili, maupun di lingkungan tempat tinggal. Mereka adalah pemimpin dalam kaum dan masyarakat di kampung serta Nagari,” tutupnya.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan doa dan ramah tamah, yang menandai awal dari tugas para pengurus Bundo Kanduang dalam mengemban amanah menjaga dan mengembangkan nilai-nilai adat Minangkabau.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait