Pj Wali Kota Padang Dukung Sistem Polder BWS Sumatera V untuk Atasi Banjir

Pj Wali Kota Padang Dukung Sistem Polder BWS Sumatera V untuk Atasi Banjir

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, beri apresiasi kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V atas inisiatif mereka dalam mengatasi masalah banjir di Kelurahan Lubuk Buaya melalui pembangunan sistem polder di bantaran Sungai Batang Kandis.

“Kita semua menyadari bahwa tingginya curah hujan sering mengancam Kota Padang dengan bencana hidrometeorologi, sehingga diperlukan penanganan yang maksimal. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui BWS Sumatera V atas upaya mereka,” ujar Andree, didampingi oleh Kepala Dinas PUPR, Tri Hadiyanto pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Andree juga mengimbau masyarakat Kota Padang untuk memahami dan mendukung situasi di sekitar selama proyek pengerjaan sungai berlangsung.

Bacaan Lainnya

Ia berharap bantuan dari BWS Sumatera V akan segera menyelesaikan permasalahan banjir dan genangan air di wilayah tersebut.

Kepala BWS Sumatera V, Dian Almakruuf, menjelaskan bahwa pengerjaan di bantaran Sungai Batang Kandis adalah bagian dari upaya pengendalian banjir di sungai orde satu di Kota Padang.

“Di Kota Padang terdapat lima sungai orde satu, termasuk Sungai Batang Kandis. Kami akan membangun sistem polder yang dirancang untuk menampung air dari drainase masyarakat,” jelas Dian.

Air yang tertampung kemudian akan dipompa, memungkinkan air orde satu mengalir leluasa saat kondisi pasang air laut, sementara air dari sungai orde di bawahnya akan masuk ke polder dan dipompa.

Dian menambahkan bahwa sistem ini akan efektif mengurangi banjir atau genangan yang selama ini terjadi di daerah tersebut.

“Pekerjaan ini akan berlangsung selama 630 hari dengan total panjang sungai mencapai 3,2 kilometer, dan dijadwalkan selesai pada September 2025 jika tidak ada perpanjangan. Saat ini, progresnya baru mencapai 10 persen,” terang Dian.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait