Pj Wali Kota Padang Buka Bimtek Pengkajian Kebutuhan dan Rencana Pasca Bencana

Pj Wali Kota Padang Buka Bimtek Pengkajian Kebutuhan dan Rencana Pasca Bencana

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota Padang, Dr. H. Andree Algamar, S.H, M.Si., M.Han, membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (R3PB) Kota Padang.

Acara ini berlangsung di Hotel Pangeran Beach pada Senin, 10 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Andree Algamar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya bimtek ini dan berterima kasih kepada para instruktur, tamu undangan, serta peserta yang hadir dan berpartisipasi.

Bacaan Lainnya

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para instruktur, tamu undangan, dan peserta yang telah hadir serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kehadiran dan kontribusi Anda sangat berarti dalam upaya peningkatan kapasitas dan penanganan bencana di Kota Padang,” ujar Pj Wali Kota Padang.

Andree Algamar menambahkan bahwa bimtek ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan teknis, tetapi juga untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antar instansi terkait.

“Saya berharap seluruh peserta dapat aktif berpartisipasi, bertukar pengalaman, serta menjalin jaringan kerja sama yang solid demi tercapainya tujuan bersama dalam menghadapi bencana,” tambahnya.

Selain itu, Andree menekankan pentingnya penyusunan dokumen JITUPASNA dan R3PB yang memiliki peranan strategis.

Dokumen ini akan menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan, program, dan langkah-langkah konkret dalam menangani bencana serta memulihkan kondisi pasca bencana.

“Saya mengajak tim penyusun untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, menggali data dan informasi yang akurat, serta menyusun strategi yang komprehensif guna mencapai hasil yang optimal,” tegas Pj Wali Kota Padang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, yang didampingi Kabid Rehab Rekon, Basril, menjelaskan bahwa tujuan dari bimtek ini adalah untuk penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita tahu bahwa bencana adalah tanggung jawab bersama. Mulai dari Kota Padang, kemudian secara regional di tingkat Provinsi Sumatera Barat, hingga tingkat nasional yang menjadi tanggung jawab BPBD secara Nasional,” kata Hendri Zulviton.

Bimtek ini dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 12 Juni 2024 dan diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai OPD dan staf BPBD Kota Padang.

Acara ini juga dihadiri oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang, serta peserta perwakilan dari berbagai OPD dan tamu undangan.

(RA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait