Pj Wako Payakumbuh Kunjungi Pasar Ibuh, Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

Pj Wako Payakumbuh Kunjungi Pasar Ibuh, Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

TOPSUMBAR – Setelah memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno langsung melakukan pemantauan harga pangan di Pasar Tradisional Ibuh pada Sabtu, 1 Juni 2024.

“Kami ingin memastikan harga-harga di pasar stabil. Ini merupakan bagian dari upaya mengendalikan inflasi, karena hasil pemantauan ini dapat menjadi acuan untuk intervensi pangan yang diperlukan,” ujar Suprayitno setelah melakukan pemantauan harga pangan.

Dalam kegiatan ini, turut serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Suprayitno menyampaikan bahwa berdasarkan hasil diskusi dengan para pedagang, saat ini harga sejumlah bahan pokok relatif stabil. Contohnya, harga cabai merah yang berada di kisaran Rp 50 ribu per kilogram.

“Harga cabai ini pernah mencapai Rp 80 ribu bahkan lebih. Alhamdulillah, sekarang harga cabai merah Rp 50 ribu per kilogram. Dengan harga ini, masyarakat tidak terlalu terbebani dan petani tidak merugi,” katanya.

Suprayitno juga menginstruksikan seluruh OPD terkait di Kota Payakumbuh untuk terus memantau harga pangan di pasaran.

“Jika ada harga yang melonjak, kita akan segera mencari solusi untuk mengintervensi. Kenaikan harga pangan bisa memicu inflasi,” tegasnya.

Menurut Suprayitno, pengendalian harga pangan dan inflasi memerlukan kolaborasi dari seluruh OPD dan dukungan Forkopimda.

“Kebetulan ini bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang salah satu nilainya adalah gotong royong. InsyaAllah, dengan kerjasama, semua permasalahan bisa diatasi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwasanya kehadiran Lapau Pengendalian Inflasi memberikan manfaat besar dalam mengendalikan inflasi di Kota Payakumbuh.

“Lapau Pengendalian Inflasi bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Bukittinggi. Semoga dengan adanya Lapau ini, masyarakat kita terhindar dari harga pangan yang tinggi,” ungkapnya.

Saat ini, harga pangan di pasaran untuk beras jenis Anak Daro dan Siliah Baganti dijual Rp 17 ribu per kilogram, beras jenis Sokan Rp 16 ribu per kilogram, dan beras Bulog Rp 13 ribu per kilogram.

Selanjutnya, cabai merah Rp 50 ribu per kilogram, cabai Kopai Rp 60 ribu per kilogram, dan cabai rawit Rp40 ribu per kilogram. Untuk bawang merah, harganya berkisar antara Rp 45 ribu hingga Rp 48 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih Rp 38 ribu per kilogram.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait