Pj Wako Pariaman Pimpin Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024, Bacakan Pidato Kepala BPIP RI

Pj Wako Pariaman Pimpin Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024, Bacakan Pidato Kepala BPIP RI

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024.

Upacara tersebut berlangsung khidmat, dan dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman di Halaman Balaikota Pariaman pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Roberia membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI), Yudian Wahyudi.

Bacaan Lainnya

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini menegaskan bahwa Pancasila menjadi kekuatan penyatuan dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ungkapnya.

Yudian Wahyudi, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI), menjelaskan bahwa Pancasila adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

Dalam Pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang mempromosikan inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia diikat oleh semangat “Bhinneka Tunggal Ika” yang menjadi identitas nasional.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

Pancasila, sebagai landasan statis, telah membuktikan kemampuannya dalam menyatukan bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

Sebagai pedoman dinamis, Pancasila menjadi penuntun menuju kemajuan dan kemakmuran Indonesia di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Dengan semangat peringatan Hari Lahir Pancasila, diharapkan masyarakat Indonesia terus menjaga dan memperkokoh persatuan serta keberagaman dalam menjalankan pembangunan dan kemajuan bangsa.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait