Pilkada 2024, Siap-Siap KPU Kabupaten Sijunjung Buka Lowongan Pantarlih

Pilkada 2024, Siap-Siap KPU Kabupaten Sijunjung Buka Lowongan Pantarlih

TOPSUMBAR – Menghadapi agenda nasional Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang bakal digelar 27 November 2024, KPU Kabupaten Sijunjung segera membuka penerimaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Pendaftaran Pantarlih dilakukan selama lima hari, mulai tanggal 13-17 Juni 2024. Bagi masyarakat yang berminat, khususnya yang memiliki semangat dan jiwa patriotisme, inilah kesempatan untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara.

Pantarlih bakal bekerja selama satu bulan, mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Tugas Pantarlih yaitu membantu KPU kabupaten, PPK dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Pantarlih juga melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS, serta melaksanakan tugas lain yang diberikan KPU, KPU propinsi, KPU kabupaten, PPK dan PPS sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bagi yang berminat, dokumen yang harus dilengkapi adalah surat pendaftaran, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP, fotocopy ijazah SMA/sederajat atau ijazah terakhir, pas photo, surat pernyataan dan surat keterangan.

Dokumen-dokumen tersebut disampaikan kepada PPS setempat dalam bentuk fisik, lalu diupload melalui aplikasi SIAKBA guna mengikuti proses lebih lanjut.

Selanjutnya, tahapan yang harus dilalui adalah penelitian berkas, pengumuman hasil calon Pantarlih dan penetapan nama hasil seleksi Pantarlih.

Pantarlih berjumlah satu orang per TPS, jika jumlah pemilih dalam sebuah TPS melebihi 400 orang maka diangkatlah dua orang Pantarlih.

Demikian keterangan tertulis disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia KPU Kabupaten Sijunjung Juni Wandri, SH, M.Kn yang diterima di Muaro Sijunjung, 5 Juni 2024.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait