Perumdam Tirta Serambi Padang Panjang Targetkan Layanan Air Segera Pulih, Adrial : Pipa Darurat Sudah Terpasang

TOPSUMBAR –  Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padang Panjang menargetkan pelayanan air di wilayah yang terdampak gangguan pelayanan akibat banjir lahar dingin pada 11 Mei lalu di Padang Panjang segera pulih.

Target pemulihan tersebut seiring dengan telah terpasangnya pipa darurat untuk pelayanan pada dua kelurahan paling terdampak, yaitu kelurahan Silaing Bawah dan kelurahan Silaing Atas.

Hal tersebut disampaikan Direktur Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang, Adrial A Bakar, ST., Ahad, 2 Juni, dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang, Senin, 3 Juni 2024.

Adrial mengatakan, dari hampir 1.000 sambungan rumah yang terdampak paling parah akibat banjir bandang lahar dingin, saat ini masih tersisa sekitar 80 sambungan rumah yang belum pulih 100% dan sebagai upaya untuk memulihkan sambungan air ini, Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang lakukan pemasangan pipa darurat.

“Pemasangan pipa ini belum bisa permanen disebabkan jalur pipa yang sebelumnya tidak bisa lagi digunakan karena tersapu banjir dan tanah longsor. Pemasangan sudah dimulai sejak 16 Mei dan hari ini sudah selesai terpasang,” ungkapnya.

Ia menyebutkan ada dua unit jaringan pipa yang akan dipulihkan yaitu jaringan pipa ZAMP-2  yang melewati saluran irigasi di dalam lubang kalam (terowongan-red) di Lubuk Mata Kucing).

Lalu, ZAMP-1 yang dipasang di luar terowongan. Namun satu unit jaringan pipa lainnya belum bisa dikerjakan karena pipanya hanyut hampir 1 km.

“Pemasangan pipa HDPE diameter 100 mm sepanjang 402 meter ini terlaksana atas bantuan pipa dari BPPW Provinsi Sumatera Barat yang dikerjakan Perumdam Tirta Serambi,” sebutnya.

Ditambahkannya, akibat banjir dan longsor terjadi kerusakan sebanyak tiga unit jaringan pipa air minum dengan panjang masing-masing hampir 1 km cukup parah.

Salah satu unit jaringan pipa yang berukuran 200 mm dan 150 mm bahkan hampir semuanya hanyut terbawa banjir.

“Sementara dua unit lainnya yang berukuran masing-masing 100 mm putus tertimbun longsor dan juga hanyut terbawa banjir. Jaringan pipa ini melayani distribusi air langsung dari Lubuk Mata Kucing ke Silaing Atas dan Silaing Bawah secara gravitasi,” imbuhnya.

Adrial mengungkapkan, praktis seluruh pelanggan di Silaing Atas dan Silaing Bawah yang berjumlah hampir 1.000 sambungan rumah yang pelayanannya berasal dari ketiga jaringan pipa tersebut terganggu dan tidak mendapat pelayanan air minum.

Berbagai upaya telah dilakukan Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang untuk memulihkan pelayanan sejak hari pertama bencana sehingga pelanggan kembali mendapatkan pasokan air setiap hari.

“Mulai dari bantuan darurat air minum melalui mobil tangki yang berlangsung setiap hari. Pemindahan layanan dari sumber air Sungai Andok, dan wilayah pelayanan Pasar Usang. Penggiliran distribusi dari jaringan pipa terdekat dan pemasangan darurat pipa melalui wilayah bencana ini,” ungkapnya.

Diharapkannya dengan pemasangan pipa darurat ini semua pelanggan akan dapat kembali dilayani melalui perpipaan. Bantuan mobil tangki hanya akan menjadi pendukung pengisian hidran umum saja.

“Pelanggan yang 80 sambungan menjadi target utama akan dipulihkan melalui pemasangan pipa darurat ini. Semoga semua berjalan lancar dan pelayanan dapat dipulihkan kembali semuanya,” tutup Adrial.

(AL)

Pos terkait