Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wakil Wali Kota Solok Pimpin Penanaman 21 Batang Pohon Bintaro

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wakil Wali Kota Solok Pimpin Penanaman 21 Batang Pohon Bintaro

TOPSUMBAR – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebanyak 21 batang pohon jenis Bintaro di tanam sepanjang aliran sungai Batang Lembang, tepatnya di belakang Masjid Al-Hidayah, Kelurahan VI Suku.

Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana P. SE. MM., didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Sisvamedi, SH, MH., serta diikuti oleh beberapa OPD terkait.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang pengelolaan lingkungan hidup, salah satu tupoksi DLH adalah pengelolaan sampah dan penghijauan.

Bacaan Lainnya

Menurut Sisvamedi, setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan dengan tema yang berbeda.

Tahun ini, mengacu pada The United Nations Environment Programme (UNEP), Hari Lingkungan Hidup difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Pemulihan lingkungan menjadi kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat dampak perubahan iklim.

“Pohon Bintaro dipilih sebagai simbol pemulihan alam karena kemampuannya dalam mencapai ketinggian 10-20 meter. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan, penghias, dan peneduh di perkotaan,” ungkap Sisvamedi pada Jumat, 7 Juni 2024.

“Semoga kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan, terutama dalam menghadapi krisis iklim saat ini,” tutupnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait