Pemko Payakumbuh Raih Apresiasi dari Tim Penilaian Kinerja Stunting 2023

Pemko Payakumbuh Raih Apresiasi dari Tim Penilaian Kinerja Stunting 2023

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh turut serta dalam Penilaian Kinerja Stunting Tahun 2023 yang diadakan di Aula Bappeda Sumatera Barat pada Kamis, 6 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 18 kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda, yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Payakumbuh, tampil meyakinkan dalam menjawab pertanyaan tim penilai terkait laporan kinerja penanganan stunting di kota tersebut.

“Kita Pemko Payakumbuh berkomitmen untuk penanganan stunting ini,” ujar Sekda Rida Ananda.

Bacaan Lainnya

Rida Ananda hadir didampingi oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal, Kepala Dinas Kesehatan Wawan Sofianto, Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi, Kepala Dinas DP3AP2KB Agustion, Kepala Dinas Pendidikan Dasril, serta beberapa perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Untuk menurunkan angka stunting, TPPS Kota Payakumbuh telah meluncurkan berbagai inovasi.
Beberapa di antaranya adalah Gerakan Serentak Cegah Stunting (Gertak Ceting), Sistem Informasi Penanganan Stunting (SiPENTING), dan Geospasial Berbasis NIK dan Koordinat (Geonik).

“Dengan berbagai inovasi ini, kita berhasil menekan angka prevalensi stunting dari 3,01 persen menjadi 2,15 persen, atau turun dari 322 kasus pada 28 Februari 2023 menjadi 196 kasus pada 31 Desember 2023,” jelas Rida.

Selain itu, Pemko Payakumbuh saat ini sangat fokus memperhatikan kelompok keluarga berisiko, terutama remaja puteri, calon pengantin, ibu hamil, bayi, dan balita.

“Melalui aksi konvergensi dan sinergi semua pihak, kita siap menuju zero stunting. Mudah-mudahan kita menjadi yang terbaik di Sumbar dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan,” tutup Rida optimis.

Tim penilai, yang diwakili oleh Quartita Evari Hamdiana, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, memberikan apresiasi atas keseriusan Pemko Payakumbuh dalam upaya penurunan stunting.

“Payakumbuh sungguh luar biasa, langsung dihadiri ketua TPPS-nya lengkap dengan tim TPPS. Semoga dengan apa yang telah dicapai bisa menjadikan Kota Payakumbuh sebagai yang terbaik di Sumbar,” ungkap Quartita.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait