Pemko Pariaman Gelar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Pemko Pariaman Gelar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

TOPSUMBAR – Menyambut Hari Raya Idul Adha 2024/1445 H, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (PPP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di seluruh wilayah Kota Pariaman.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas PPP Kota Pariaman, Marini Jamal, menyampaikan bahwa sekitar 800 ekor sapi jantan telah disiapkan untuk Idul Adha.

“Pemeriksaan terhadap hewan kurban telah kami lakukan bersama tim paramedik. Ini dilakukan untuk memastikan hewan-hewan tersebut dalam keadaan sehat dan layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1445 H mendatang,” ujar Marini pada Kamis, 13 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Dinas PPP Kota Pariaman mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sejak tanggal 27 Mei hingga 7 Juni 2024 untuk menjamin kelayakan hewan kurban.

“Menjelang Idul Adha, pemeriksaan kelayakan sudah dilakukan secara rutin. Kami selalu melakukan pengecekan kesehatan hewan bersama tim dengan menempelkan tag di telinga sapi untuk menentukan kelayakan hewan tersebut,” jelasnya.

Marini juga menjelaskan bahwa pemeriksaan mencakup pemeriksaan kesehatan fisik calon sapi kurban, termasuk umur ternak dan sosialisasi kesehatan hewan.

“Selain itu, kami juga memberikan vitamin kepada calon sapi kurban, memasang label hewan layak sembelih, dan memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk 800 ekor sapi jantan calon kurban,” tambahnya.

Terkait penyakit mulut dan kuku (PMK), Marini menyebutkan bahwa pada tahun 2024 belum ada laporan hewan yang terjangkit, sehingga hewan kurban yang telah diperiksa dinyatakan layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha.

“Kami juga mengimbau kepada peternak agar menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak serta memperhatikan pakan yang cukup dan berkualitas, serta memberikan vitamin dan mineral,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait