Pemko Bukittinggi Sambut Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi 2024

Pemko Bukittinggi Sambut Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menyambut kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024.

Rombongan tersebut mengunjungi Posyandu Nuri di Kelurahan Campago Ipuah pada Selasa, 25 Juni 2023.

Wali Kota Bukittinggi, melalui Staf Ahli Bidang Administrasi dan Keuangan, Melfi menyampaikan bahwa penilaian ini merupakan evaluasi dan upaya untuk menyusun strategi ke depan guna mencapai tujuan yang lebih besar dalam kategori kesehatan ibu dan anak, kesehatan umum, dan pelayanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Posyandu adalah salah satu ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan di bidang kesehatan. Bagi Kota Bukittinggi, yang terpenting adalah bagaimana kelanjutan pembangunan tersebut dilaksanakan. Nilai plusnya dapat menjadi prestasi bagi kader posyandu dalam bentuk piagam kemenangan,” ungkap Melfi.

Ketua Tim Juri Verifikasi Lapangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kuartita Efari Handiana dalam sambutannya mengapresiasi Lurah dan masyarakat Campago Ipuah atas keberhasilan Posyandu Nuri yang mewakili Kota Bukittinggi dalam nominasi kategori Kota/Kabupaten.

“Verifikasi lapangan dilakukan untuk melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu serta melakukan monitoring kinerja pengelolaan posyandu. Kami juga ingin mengetahui manfaat posyandu terhadap masyarakat, termasuk dukungan dan partisipasi dari dinas, instansi, pihak swasta, dan masyarakat dalam pengelolaan serta pembinaan posyandu di wilayahnya,” ujar Kuartita.

Ia menegaskan bahwa penilaian akan dilakukan secara objektif dengan personil penilai yang kompeten pada masing-masing bidang, dan mengedepankan unsur-unsur pembinaan.

Pemko Bukittinggi telah melakukan beberapa langkah terkait perhatian terhadap kesehatan masyarakat, khususnya kegiatan posyandu.

Langkah-langkah tersebut antara lain pemberian honor kader posyandu setiap bulannya melalui DPA kelurahan, peningkatan nilai Pemberian Makan Tambahan (PMT), pemberian insentif bulanan untuk BKB dan tenaga pendidik PAUD, serta berbagai bantuan dalam bentuk hibah.

Dengan adanya penilaian ini, diharapkan Posyandu Nuri dapat semakin meningkatkan kinerja dan kontribusinya dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Bukittinggi.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait