Pemko Bukittinggi Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Wujudkan Semangat Persatuan

Pemko Bukittinggi Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Wujudkan Semangat Persatuan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman Balaikota Bukittinggi pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara ini dipimpin oleh Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Dalam amanatnya, Marfendi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Bacaan Lainnya

Tema ini menekankan bahwa Pancasila mampu menyatukan seluruh elemen bangsa, meskipun terdapat perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pada momentum bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah, sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ungkap Marfendi.

Selain itu, Marfendi juga menekankan pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara bijaksana.

“Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, yang ditandai dengan penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui berbagai media, harus kita manfaatkan untuk menyebarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, ASN, TNI, Polri, pelajar, dan berbagai organisasi masyarakat di Bukittinggi.

Semangat kebersamaan dan persatuan sangat terasa dalam acara ini, menggambarkan betapa kuatnya nilai-nilai Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait