Pemko Bukittinggi Gelar Rapat Koordinasi ILP 2024 di Hotel Santika

Pemko Bukittinggi Gelar Rapat Koordinasi ILP 2024 di Hotel Santika

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menyelenggarakan rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor terkait pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Santika, Kota Bukittinggi, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dalam rapat tersebut, Asisten I Setdako Bukittinggi, Isra Yonza, mewakili Wali Kota Bukittinggi, menekankan tiga fokus utama ILP.

Bacaan Lainnya

Fokus pertama adalah siklus hidup sebagai dasar integrasi pelayanan kesehatan serta penguatan promosi dan pencegahan.

Kemudian Fokus kedua, mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring dari tingkat desa hingga dusun, termasuk meningkatkan resiliensi terhadap pandemi.

Dan Fokus ketiga, memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) dengan digitalisasi dan penggunaan dashboard untuk situasi kesehatan perdesaan serta kunjungan keluarga.

Isra Yonza mengajak semua pihak untuk bersinergi demi mensukseskan ILP, sehingga Kota Bukittinggi dapat menikmati layanan kesehatan primer yang kuat.

“Penguatan struktur akan dilakukan melalui Puskesmas, Pustu (Pusat Kesehatan Desa/Kelurahan), Posyandu, serta kunjungan ke rumah-rumah warga, yang juga akan diintegrasikan dalam kegiatan PKK dan kelurahan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menjelaskan bahwa transformasi Pelayanan Kesehatan Primer bertujuan untuk menata kembali layanan kesehatan primer agar mampu memberikan pelayanan yang terintegrasi dan komprehensif sepanjang siklus kehidupan.

Pencapaian tujuan ini akan didukung oleh Dana Hibah Global Fund Tahun 2024.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Bagian Tata Pemerintah Setda Kota Bukittinggi, OPD terkait, Camat dan Lurah, TP PKK, serta Kepala Puskesmas se-Kota Bukittinggi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kerjasama lintas program dan lintas sektor dapat semakin kuat demi tercapainya tujuan ILP dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Kota Bukittinggi.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait