Pemkab Solok Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City Tahap I Tahun 2024 bersama KemenKominfo RI

Pemkab Solok Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City Tahap I Tahun 2024 bersama KemenKominfo RI

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok mengikuti Evaluasi Implementasi Smart City Tahap I bersama Kementerian Kominfo RI pada Selasa, 25 Juni 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Solok dan diikuti secara daring atau menggunakan video converence serta di asesmen langsung oleh akademisi dan beberapa Universitas Terbaik di Indonesia.

Bupati Solok yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah, Syahrial hadir bersama Kepala Diskominfo Kabupaten Solok, Teta Midra, Kepala dan jajaran OPD terkait serta jajaran diskominfo Kabupaten Solok terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Diskominfo Kabupaten Solok, Teta Midra melaporkan bahwasanya kegiatan Smart City di Kabupaten Solok mengacu pada visi “Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat.

Menurutnya, kesiapan Solok Smart City telah memiliki struktur Sistem Informasi Desa (SID) di seluruh nagari lebih kurang sebanyak 352 orang PNS pada jenjang pendidikan S2 dan 27 SDM yang menguasai di bidang IT.

“Infrastruktur saat ini di Kabupaten Solok telah terjangkau sebanyak 50% yakni dengan jaringan 3G dan 4G. Sedangkan sebanyak 371 sekolah SD/SMP telah memiliki akses internet mencapai 60%,” ujarnya.

Diketahui, Smart City di Kabupaten Solok telah diatur melalui kebijakan bupati yakni, Perbup No. 44 Tahun 2019 tentang rencana induk smart city Kabupaten Solok Tahun 2019-2029.

“Berdasarkan Perbup itu, kita telah memiliki Dewan serta tim pelaksana Smart City yang telah diberi SK oleh Bupati Solok,” tambahnya.

Berikut adalah deskripsi inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok terkait 6 Dimensi Smart City:

1. Smart Governance

  • SISFO IZIN (DPMPTSP dan Naker): Ini adalah aplikasi web untuk perizinan non-usaha dan non-perizinan yang mempermudah masyarakat dalam mengurus izin non-usaha tanpa perlu datang langsung ke PTSP. Pengguna hanya perlu mendaftar hak akses dan mengunggah dokumen persyaratan. Notifikasi diterima via WhatsApp saat izin telah diterbitkan.
  • PAK ALIPUR (Disdukcapil): Program untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan dengan memberikan pelayanan paket akta kelahiran yang dapat dibawa pulang tanpa perlu diurus sendiri.
  • SEMAKIN SEDAP (Disdukcapil): Program yang memastikan setelah menikah, semua dokumen kependudukan dapat diselesaikan dengan cepat.
  • KAK TIKA (Disdukcapil): Layanan penyediaan KK dan Akta Cerai yang siap seketika.
  • SIJARLA (Disdukcapil): Pelayanan dengan sistem jemput bola menggunakan bus keliling untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
  • PREDATOR (Disdukcapil): Perekaman KTP-EL dengan menggunakan sepeda motor, untuk memberikan kemudahan akses bagi warga.

2. Smart Branding

  • JSNI (Jendela Solok Nan Indah): Sebuah aplikasi/media yang menyediakan informasi pariwisata daerah Kabupaten Solok, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan dan stakeholder terkait. Aplikasi ini tersedia sejak tahun 2019 dan kini telah hadir dalam versi Android.

3. Smart Economy

  • KUKEMAS: Program untuk memberikan pelayanan dan fasilitasi desain serta kemasan produk bagi pelaku usaha sebelum produk diluncurkan ke pasar. Fasilitasi ini diberikan secara gratis.
  • JUABALI (juabali.solokkab.go.id): Website marketplace bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Solok.
  • PASAR TANI: Pasar mini yang diadakan setiap hari Jumat oleh Dinas Pertanian Kabupaten Solok untuk memberikan peluang pasar bagi petani.

4. Smart Living

  • WISI (Wisuda Imunisasi): Program Puskesmas Batubajanjang yang mendapatkan penghargaan TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tahun 2021 dari MENPAN RB. Program ini mengadakan seremonial wisuda bagi anak yang telah menyelesaikan imunisasi lengkapnya.
  • UJIMOTO: Sistem untuk merekam dan memantau proses pengujian kendaraan bermotor yang terintegrasi dengan Aplikasi Penerbitan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) Kementerian Perhubungan dan Sistem Pembayaran Bank Nagari (BPD Sumatera Barat).

5. Smart Society

  • PUSTAKA BERGILIR: Program yang menyediakan buku secara bergilir kepada masyarakat, diantarkan langsung oleh kader pustaka Nagari Saok Laweh ke rumah-rumah, untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
  • ISOLOKKAB: Aplikasi perpustakaan digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok yang berbasis media sosial dan dilengkapi dengan eReader. Pengguna dapat terhubung dan berinteraksi, memberikan rekomendasi, serta ulasan buku. Buku dapat dibaca secara online maupun offline.

6. Smart Environment

  • BANK SAMPAH: Program untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Dari sisi budaya, ini mengurangi timbulan sampah rumah tangga dan dari sisi ekonomi, program ini memberikan kontribusi meski belum signifikan, yaitu untuk pembayaran iuran sampah bulanan.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait