Pemkab Lima Puluh Kota Kenang Peristiwa Bersejarah Perjuangan Koto Tuo Lautan Api

Pemkab Lima Puluh Kota Kenang Peristiwa Bersejarah Perjuangan Koto Tuo Lautan Api

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota dengan tekad kuat memperingati tujuh peristiwa bersejarah setiap tahunnya, yang terjadi pada masa perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di wilayah mereka.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dalam penyampaiannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Elsiwa Fajri, menegaskan komitmen tersebut pada peringatan Koto Tuo Lautan Api di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Senin 10 Juni 2024.

Elsiwa Fajri menyampaikan bahwa momentum heroik peristiwa Koto Tuo Lautan Api harus dijadikan inspirasi bagi masyarakat untuk mempertahankan nilai-nilai perjuangan demi kemerdekaan.

Bacaan Lainnya

“Nilai juang Koto Tuo Lautan Api yang menginspirasi masih relevan dalam konteks pembangunan sekarang dan perlu dijiwai oleh semua komponen masyarakat dan negara,” ujarnya.

Menurut Elsiwa Fajri, semangat perjuangan para pahlawan dalam mempersatukan bangsa harus terus dijaga dan dipertahankan melalui pembangunan yang tangguh dan semangat kebersamaan.

“Kemerdekaan yang merupakan warisan para pahlawan harus diisi dengan jiwa pembangunan yang memperkuat semangat persatuan,” tambahnya.

Peristiwa Koto Tuo Lautan Api merupakan salah satu dari tujuh peristiwa heroik selama masa PDRI. Peristiwa lainnya meliputi konsolidasi komando Sumatera Kolonel Hidayat di Kototinggi, penyerangan terhadap markas Gubernur Militer di Nagari Kototinggi.

Kemudian peristiwa di Jorong Ikan Banyak di Kanagarian Pandam Godang, penyerangan terhadap pemimpin di Lurah Kincia Situjuah Batua, perundingan antara utusan Pemerintah RI dan pemimpin PDRI, serta perjalanan Mr. Sjafruddin Prawiranegara ke Yogyakarta.

Peringatan tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Azuhdi Perama Putra, Camat Harau Jeki Mardonal, dan sejumlah anggota forkopimca.

Selain itu, Pj Wali Nagari Koto Tuo Elfi Yandri, serta perwakilan dari Babinsa, Babinkantibmas, Niniak Mamak, Bundo Kandung, dan tokoh masyarakat lainnya juga turut hadir.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait