Pemkab Lima Puluh Kota Ikuti Penilaian Interview EPPS untuk Wujudkan Statistik Sektoral Berkualitas

Pemkab Lima Puluh Kota Ikuti Penilaian Interview EPPS untuk Wujudkan Statistik Sektoral Berkualitas

TOPSUMBAR – Dalam upaya mewujudkan statistik sektoral yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota mengikuti Penilaian Interview Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS).

Penilaian ini dilakukan secara virtual oleh Tim Penilai Badan pada Rabu, 26 Juni 2024, di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Yulia Masna.

Muftil Wahyudi, Sekretaris Dinas Kominfo yang mewakili Kepala Diskominfo, menjelaskan bahwa Diskominfo sebagai Walidata bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai Pembina Data dan Bapelitbang sebagai koordinator, telah melaksanakan berbagai upaya untuk memastikan kualitas statistik sektoral.

Bacaan Lainnya

Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan EPPS ke setiap perangkat daerah.

“Untuk tahun ini, Dinas Kesehatan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan terpilih mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai objek penilaian EPPS Tahun 2024,” jelasnya.

Muftil Wahyudi menambahkan bahwa sebelum penilaian interview, Pemkab Lima Puluh Kota telah melalui beberapa tahapan penilaian, termasuk penilaian mandiri dan penilaian dokumen.

“Penilaian mandiri ini meliputi pemenuhan 5 domain dan 38 indikator, dengan pengumpulan bukti dukung dari dua perangkat daerah tersebut selama periode 1 April hingga 31 Mei,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPS Lima Puluh Kota, Yudi Yos Elvin, menyatakan bahwa penilaian EPPS belum berakhir.

“Akan ada tahapan penilaian selanjutnya, dan hasilnya akan dirilis pada bulan September, tepatnya pada Hari Statistik,” ungkapnya.

Menurut Peraturan BPS Nomor 3 Tahun 2022, EPPS digunakan untuk mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan penyelenggaraan Statistik Sektoral dengan cara mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

Hasil EPPS akan dipresentasikan dalam bentuk Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait