Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Rapat Persiapan Shalat Idul Adha 1445 H

Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Rapat Persiapan Shalat Idul Adha 1445 H

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lima Puluh Kota dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mengadakan rapat persiapan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 H.

Pelaksanaan shalat Idul Adha ini direncanakan akan berlangsung pada Senin, 17 Juni 2024 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian, Komplek Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak.

Rapat persiapan tersebut dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eki Hari Purnama, dan diadakan pada Rabu, 12 Juni 2024, di Ruang Rapat Wakil Bupati Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam rapat ini Asisten Administrasi Umum A. Zuhdi Perama Putra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, perwakilan MUI, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Kesra Arlen, Kabag Prokompin Andri Yasmen, Kabag Umum Irwandi, dan Wali Nagari lingkup Kecamatan Harau.

Eki Hari Purnama menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha merupakan bentuk implementasi pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD 1945 yang menjamin kebebasan beragama dan beribadah.

“Shalat Idul Adha adalah simbol ketakwaan tertinggi yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS. Oleh karena itu, pemerintah memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 H yang terpusat di RTH Mahkota Berlian,” ujar Eki.

Selain itu, Asisten Administrasi Umum, A. Zuhdi Perama Putra, mengapresiasi suksesnya pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 H yang sebelumnya telah diselenggarakan dengan baik berkat kontribusi Perangkat Daerah dan PHBI.

Zuhdi berharap shalat Idul Adha dapat berjalan lancar dengan persiapan yang matang, termasuk memastikan kebersihan dan kesucian tempat untuk meningkatkan kekhusyukan beribadah.

Kepala Kantor Kemenag, Irwan, menambahkan bahwa pihaknya akan membantu penyaluran daging kurban ke nagari yang kekurangan hewan kurban, agar momen Idul Adha bisa dirasakan oleh semua pihak.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait