PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo Berkoalisi untuk Pilkada 2024

Kader Partai PDIP siap mengamankan arahan Ketua Umum DPP PDIP.

TOPSUMBAR – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan bahwa koalisi antara PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo akan terus berlanjut pasca Pilpres 2024.

Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Rakernas PDIP ke-V di Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat, 24 Mei 2024.

Megawati menjelaskan bahwa permintaan untuk melanjutkan koalisi ini datang langsung dari para ketua umum partai koalisi.

Bacaan Lainnya

“Setelah pileg dan pilpres selesai, saya bertanya kepada mereka, ‘Bagaimana ke depan?’. Mereka semua menjawab, ‘Kami masih ingin bersama PDIP’,” ungkap Megawati.

Reaksi positif dari para ketua umum partai koalisi membuat Megawati merasa senang dan optimis. Ia menilai bahwa kelanjutan koalisi ini merupakan wujud tatakrama politik yang baik dan akan memperkuat kerjasama di Pilkada 2024.

Untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 mendatang, Megawati membentuk Tim Pemenangan Pilkada Nasional dan menunjuk Adian Napitupulu, kader PDIP, sebagai ketua tim.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengungkapkan bahwa partainya membuka peluang berkoalisi kembali dengan PPP, Hanura, dan Perindo di Pilkada 2024.

“Beberapa koalisi untuk Pilkada sudah final, seperti di Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan,” kata Hasto.

Untuk Pilkada Sumut, PDIP akan mencalonkan Ahok sebagai Gubernur. Di NTB, Musyafirin akan diusung sebagai Calon Wakil Gubernur, sementara di Sulawesi Selatan, Dhany Pomanto akan maju sebagai calon Gubernur.

Adian Napitupulu mengonfirmasi pembentukan Tim Pemenangan Pilkada Nasional dan menjelaskan bahwa surat keputusan sudah ditandatangani oleh Megawati.

“Tim Pemenangan Pilkada Nasional sudah resmi dibentuk untuk memastikan kemenangan di berbagai daerah pada Pilkada 2024,” ujarnya dalam konferensi pers di sela-sela Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Selatan pada Sabtu, 25 Mei 2024.

(HT)

Pos terkait