PBF Masuk Kalender KEN Kemenparekraf 2024, Hadirkan Seniman dari Berbagai Daerah di Indonesia

PBF Masuk Kalender KEN Kemenparekraf 2024, Hadirkan Seniman dari Berbagai Daerah di Indonesia

TOPSUMBAR – Payakumbuh Botuang Festival (PBF) telah resmi masuk ke dalam Kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Festival ini akan berlangsung pada 11-13 Juli 2024 mendatang dan dipusatkan di Medan Nan Bapaneh, Kawasan Ngalau Indah, Payakumbuh.

Acara ini akan menampilkan berbagai karya seni bambu dari puluhan seniman dan ratusan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Salah satu seniman yang akan tampil adalah Natalino Mella Sasando dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Iya, yang paling jauh itu seniman dari Nusa Tenggara Timur (NTT) Natalino Mella Sasando. Kita ingin memanjakan para pengunjung dengan penampilan seniman kenamaan dan produk UMKM berkualitas sebagai oleh-oleh dari Kota Randang,” ujar Asisten I Dafrul Pasi saat Rapat Koordinasi di Aula Randang, Balai Kota Payakumbuh, Selasa 25 Juni 2024.

Dafrul meminta agar panitia pelaksana memperhatikan kenyamanan para pengunjung karena diperkirakan ribuan orang akan menghadiri PBF dari berbagai daerah.

“Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Karena kita akan mendatangkan banyak orang, setiap titik keramaian harus kita perhatikan. Kenyaman pengunjung adalah prioritas utama kita,” tambahnya.

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, Ny. Elfriza ‘Chece’ Zaharman, menyampaikan bahwa para pelaku UMKM di Payakumbuh sangat antusias menyambut PBF 2024.

“Para pelaku UMKM kita sangat antusias dan bersemangat menyambut event ini. Karena ini peluang bagus untuk mempromosikan produk dan menambah penghasilan mereka seperti PBF tahun 2023 lalu,” katanya.

“Selain itu, acara ini memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat lokal, mendorong pertumbuhan dan pergerakan ekonomi di Payakumbuh,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh juga menambahkan bahwa PBF mendapat apresiasi dari Kemenparekraf RI karena memberikan dampak positif di berbagai sektor dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Karena keberhasilan itu, tahun ini PBF kembali masuk ke dalam KEN Kemenparekraf RI. Harapan kita tahun ini lebih baik dan meriah dari tahun lalu,” tutupnya.

Berbagai kegiatan menarik akan diadakan selama PBF 2024, termasuk workshop Botuang, marandang, malamang, dan kuliner tradisional, permainan rakyat, expo, serta berbagai penampilan seni dari berbagai daerah.

Penampilan seni tersebut meliputi Lindang Urek cs Tari Massal, Rand Ritmik, Lubuak Batang (50 Kota), Kabumi UPI (Bandung), penanaman bibit, penampilan dalam Goa, Pituah Bundo, Cressendo, Komunitas Seni Intro, Batuang Sarumpun (Sawahlunto), Gravitasi Perkusi (Lampung), Saluang Dendang, Panglimo, AGDG (Padang Panjang), Malenggok Botuang, Natalino Mella Sasando (NTT), dan Gita Mahardika (Bali).

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait