Pangdam I/BB Dampingi Presiden RI Kunker di Dumai, Jokowi Serukan Kemandirian Ekonomi

Pangdam I/BB Dampingi Presiden RI Kunker di Dumai, Jokowi Serukan Kemandirian Ekonomi

TOPSUMBAR – Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja (kunker) di Kota Dumai, Provinsi Riau.

Turut hadir mendampingi adalah Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, dan Wali Kota Dumai Paisal.

Kegiatan diawali dengan peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Bacaan Lainnya

Jokowi mengenakan baju Melayu Teluk Belango, melambangkan kebesaran dan kearifan lokal. Sejumlah menteri yang mendampingi juga mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah sebagai simbol kebhinekaan budaya Indonesia.

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar pembebasan dari ketergantungan terhadap pihak asing.

“Indonesia harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa untuk kesejahteraan rakyat, salah satunya adalah Blok Rokan di Riau, tempat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini,” ujar Presiden pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Jokowi menjelaskan bahwa setelah mayoritas Freeport diambil alih, Pemerintah Indonesia juga berhasil mengambil alih Blok Rokan dari perusahaan asing yang telah mengelolanya selama 97 tahun.

“Pengambilalihan Freeport dan Blok Rokan hanyalah sebagian kecil dari upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga menekankan bahwa pengambilalihan aset strategis ini adalah bentuk nyata pengamalan Pancasila, yaitu pembangunan ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional dan berdiri di atas kaki sendiri.

Setelah upacara, Jokowi melanjutkan peninjauan ke Gudang Bulog Baru Teluk Binjai di Kota Dumai untuk memastikan ketersediaan stok beras nasional.

“Per hari ini, stok beras nasional mencapai 1,8 juta ton yang tersebar di gudang Bulog di seluruh kota dan provinsi,” jelas Presiden.

Jokowi juga membahas Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang tetap tinggi meskipun produksi panen raya meningkat.

“Biaya petani untuk sewa lahan, pupuk, bibit, tenaga kerja, semuanya naik. Jadi masyarakat harus maklum bahwa petani juga harus mendapatkan keuntungan,” ujar Presiden.

Di Gudang Bulog, Jokowi juga menggelar kuis Pancasila bagi para keluarga penerima manfaat (KPM), dengan hadiah sepeda untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar serentak di seluruh negeri.

Kunjungan ini diakhiri dengan mengunjungi Pasar Senggol di Kota Dumai untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan sembako menjelang Idul Adha 1445 H.

Jokowi berdialog langsung dengan para pedagang dan memastikan harga-harga stabil.

“Harga-harga di sini baik dan stabil. Tidak ada yang melompat aneh-aneh,” ungkap Jokowi kepada media.

Setelah rangkaian kegiatan, Jokowi beserta rombongan kembali ke Jakarta melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II, dilepas oleh Pangdam I/BB bersama unsur Forkopimda Riau.

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden termasuk Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BPN Arief Prasetyo Adi, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

(Pendam I/BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait