Nagari Sitapa Lima Puluh Kota Menjadi Salah Satu dari Tiga Besar Nagari Terbaik di Sumatera Barat

Nagari Sitapa Menjadi Salah Satu dari Tiga Besar Nagari Terbaik di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu, yang dikenal juga sebagai Nagari Sitapa, berhasil menembus posisi tiga besar sebagai Nagari atau Kelurahan terbaik di Sumatera Barat.

Prestasi ini menandai keberhasilan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah.

Nagari Sitapa mengungguli 16 Kota/Kabupaten lainnya dalam penilaian tahap kedua Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

“Merupakan kebanggaan bagi kami karena pada ajang perlombaan nagari/desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2024 ini kita dapat membuktikan kembali bahwa kita memang berpotensi, kita bisa, kita mampu dan bersemangat,” ungkap Sekretaris Daerah Herman Azmar yang mewakili Bupati Lima Puluh Kota, dalam sambutannya di Kantor Wali Nagari Sitapa, Kecamatan Luak pada Senin, 10 Juni 2024.

Proses penilaian dipimpin oleh Kepala DPMD Sumatera Barat, Amasrul, didampingi Ketua Dewan Pengembangan dan Pembina Nagari Sumbar, Aristo Mundar.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, TP PKK Lima Puluh Kota, tokoh masyarakat, dan niniak mamak.

Ketua Tim Penilai, Amasrul, menjelaskan bahwa tujuan dari lomba ini adalah untuk mengevaluasi, menilai, dan mendorong pemerintah nagari dan kelurahan beserta masyarakatnya untuk mengenali dan mengoptimalkan potensi yang ada.

“Pelaksanaan lomba tahun ini lebih menitikberatkan pada keterkaitan antara data profil nagari dan kelurahan dengan dokumen perencanaan serta penganggaran, dan memperhatikan inovasi yang telah dikelola oleh pemerintah yang bersih,” ujarnya.

“Pada penilaian tahap 2 ini adalah paparan wali nagari dan tahap 3 tim penilai akan memverifikasi ke lapangan,” tambahnya.

Sementara itu, Walinagari Sitapa, Nofrizal, menjelaskan bahwa Pemerintah Nagari Sitapa telah melakukan beberapa inovasi dalam bidang pemerintahan, wilayah, dan kemasyarakatan.

Beberapa inovasi yang dilakukan oleh Nagari Sitapa antara lain adalah:

  1. Sistem Informasi Nagari (OpenSID) : Sebagai inovasi e-Government dalam bidang pemerintahan untuk layanan publik dan informasi.
  2. Ota Sitapa : Program inovatif dalam mengelola informasi dan dokumentasi pemerintahan.
  3. Legusa Festival dan Daya Desa Sitapa : Inovasi dalam bidang pelestarian adat dan budaya.
  4. Lapau Bayi Sehat : Inovasi di bidang kesehatan untuk pencegahan stunting.
  5. Desa/Nagari Wisata : Inovasi dalam bidang ekonomi untuk mewujudkan program prioritas di Nagari.

Dengan prestasi ini, Nagari Sitapa menjadi salah satu contoh sukses dalam memanfaatkan potensi lokal untuk pembangunan daerah.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait