Mahyeldi Irup Hari Lahir Pancasila 2024, Ajak Masyarakat Sumbar Rawat Pancasila sebagai Ideologi Negara

Mahyeldi Irup Hari Lahir Pancasila 2024, Ajak Masyarakat Sumbar Rawat Pancasila sebagai Ideologi Negara

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memimpin sekaligus inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Gubernur pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam upacara tersebut, Mahyeldi membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat Pancasila sebagai ideologi negara.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini menegaskan bahwa Pancasila menyatukan kita meskipun terdapat perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujar Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Dalam pidatonya, Mahyeldi juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai landasan negara, Pancasila telah terbukti dapat mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah. Sehingga Indonesia tetap berdiri teguh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mahyeldi menyampaikan bahwa sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

“Jadikan pancasila sebagai pedoman agar menjadi ideologi yang berfungsi dengan kehadiran dan manfaatnya dapat dirasakan oleh semua,” tambahnya.

Mengakhiri pidatonya, Mahyeldi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

“Mari kita bekerja sama dan berkolaborasi untuk menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.

Upacara yang juga dihadiri oleh Forkopimda Sumbar, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala OPD se-Sumbar.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait