Libur Sekolah, Puluhan Anak Ikut Khitanan Gratis yang Diselenggarakan oleh PMI Bukittinggi

Libur Sekolah, Puluhan Anak Ikut Khitanan Gratis yang Diselenggarakan oleh PMI Bukittinggi

TOPSUMBAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menggelar kegiatan khitanan gratis oleh puluhan anak pada Rabu, 26 Juni 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Markas PMI Bukittinggi dan dihadiri oleh Ketua PMI Bukittinggi, H. Chairunnas.

Pada kesempatan itu, Chairunnas menyatakan bahwa setiap anak yang mengikuti khitanan tersebut akan mendapatkan paket sembako, tas sekolah, selimut, madu, dan uang jajan.

Bacaan Lainnya

Semua hadiah tersebut berasal dari donasi Majelis Telkomsel Takwa (MTT) regional sumbagteng dan Rumah Zakat Sumatera Barat.

“Kegiatan khitanan gratis ini adalah bentuk perhatian kami terhadap anak-anak, khususnya dalam hal agama. Khitanan adalah bagian penting dari perawatan masa depan generasi,” ujar Chairunnas.

Sebanyak 10 petugas khitan dilibatkan dalam kegiatan ini, termasuk dua dokter yaitu dr. M. Gazali dan dr. Meti, serta paramedis dari dokter PMI Sumatera Barat.

Kepala Markas PMI Bukittinggi, Ahmad Jaiz, menyatakan bahwa PMI juga telah menyediakan mobil untuk pengantaran pulang bagi anak-anak yang telah menjalani khitanan.

Sementara itu, dr. M. Gazali, salah seorang dokter yang terlibat, menjelaskan bahwa khitan atau sirkumsisi adalah tindakan medis yang biasa dilakukan sekali seumur hidup bagi umat Muslim.

“Setelah melaksanakan khitanan ini, para peserta disarankan untuk mencukupi asupan protein serta berjemur di bawah sinar matahari pagi guna mempercepat proses penyembuhan,” ujarnya.

Dengan terselenggaranya khiatanan gratis ini, PMI Bukittinggi terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan serta perhatian sosial kepada masyarakat khususnya di Kota Bukittinggi.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait