Letakkan Batu Pertama, Gubernur Sumbar Apresiasi Pembangunan Rumah Tahfiz Nurul Islam JKA di Pariaman

Letakkan Batu Pertama, Gubernur Sumbar Apresiasi Pembangunan Rumah Tahfiz Nurul Islam JKA di Pariaman

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bersama dengan Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Pariaman, Yota Balad, melakukan peletakan batu pertama memulai pembangunan Rumah Tahfiz Al-Quran Masjid Nurul Islam di Kelurahan Jalan Kereta Api (JKA), pada Senin 3 Juni 2024.

Acara peletakan batu pertama tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah serta masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi menyambut baik rencana pembangunan tersebut, mengingat kesesuaian dengan cita-cita Pemerintah Kota Pariaman dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan pentingnya implementasi dan program pembelajaran Al-Quran sesuai dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 2022 tentang Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.

“Pembangunan rumah tahfiz ini akan melahirkan generasi hafiz dan hafizah yang akan menjaga dan memelihara Al-Quran dengan hafalannya,” ujarnya.

Menurut Mahyeldi, keberadaan anggota keluarga yang aktif membaca Al-Quran dan melaksanakan sholat berjamaah akan menerangi rumah, mushalla, atau masjid tersebut, seperti cahaya bintang di malam yang gelap.

Ia berharap kehadiran rumah tahfiz ini akan menjadi cahaya bagi masyarakat Kota Pariaman dan akan mendapatkan doa dari para malaikat.

Sementara itu, Yota Balad menyampaikan visi Pemerintah Kota Pariaman untuk menjadikan kota tersebut sebagai destinasi wisata yang berpendidikan dan bernuansa islami.

Ia menginginkan setiap desa dan kelurahan di Kota Pariaman memiliki hafiz Al-Quran yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

Ketua Masjid Nurul Islami, Zalman Zaunit, menjelaskan bahwa pembangunan rumah tahfiz ini bertujuan untuk pembelajaran Al-Quran bagi generasi muda di kelurahan tersebut.

Rencananya, bangunan akan memiliki lima lokal di bawah dan lima di atas, dengan ukuran masing-masing lokal sebesar 9×8 meter. Biaya pembangunan diperkirakan mencapai 2,7 miliar rupiah.

“Semoga pembangunan ini dapat mewujudkan cita-cita warga kelurahan untuk memiliki generasi yang kuat dalam agama dan menjadi pemimpin yang agamais di masa depan,” ucap Zalman Zaunit.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait