Lakukan Pemeriksaan Pangan, OKKPD Agam Pastikan Semua Sampel Aman dari Bahan Berbahaya

Lakukan Pemeriksaan Sampel Pangan, OKKPD Agam Pastikan Semua Sampel Aman dari Bahan Berbahaya

TOPSUMBAR – Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2024 lalu, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam melalui Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) melakukan pengambilan dan pengujian sampel pangan segar di Pasar Lama Lubuk Basung pada Rabu, 12 Juni 2024.

Kegiatan pengawasan keamanan pangan ini dipimpin langsung oleh Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Kabupaten Agam, Rita Delfianti.

Pengujian sampel pangan segar dilakukan dengan menggunakan rapid test untuk pestisida dan formalin.

Bacaan Lainnya

Komoditas yang di uji meliputi cabai merah keriting, cabai rawit, sawi, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kol, ikan kembung, dan daging ayam.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel yang di uji negatif residu pestisida dan formalin serta aman untuk dikonsumsi.

Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira saat meninjau pengujian sampel di Pojok Aman Pangan Agam (PAPA), menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam.

“Keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian pangan secara berkala untuk memastikan bahwa pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari bahan berbahaya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas mengapresiasi kinerja OKKPD Kabupaten Agam dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya harap tim ini dapat terus bekerja dengan semangat dan profesionalisme untuk memastikan keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait