Lahir di Tanjung Sijunjung, Kuliah di Mesir, Mengabdi di Palangki, Doni Saputra Menuju Kancah Nasional

Lahir di Tanjung, Kuliah di Mesir, Mengabdi di Palangki, Doni Saputra Menuju Kancah Nasional

TOPSUMBAR – Penyuluh Agama Islam Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Doni Saputra, Lc, M.H, berhasil meraih peringkat satu, dalam ajang penganugerahan Penyuluh Agama Islam (PAI) Award yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2024.

Ustadz Doni (demikian sapaannya), memenangkan penilaian pada kategori Peningkatan Literasi Al-Qur’an dan selanjutnya akan mewakili Sumbar pada lomba PAI Award 2024 tingkat Nasional.

Ustadz Doni sehari-hari bekerja sebagai Penyuluh Agama Islam pada Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung dengan wilayah penempatan di KUA Kecamatan IV Nagari.

Bacaan Lainnya

Putra kebanggaan “Ranah Lansek Manih” kelahiran Nagari Tanjung pada 3 Februari 1988 itu, menamatkan pendidikan Strata Satu di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir tahun 2011 lalu.

Tahun 2020, beliau menuntaskan Strata Dua dan meraih gelar Magister Hukum Keluarga di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang.

Ia dikenal aktif di berbagai kegiatan penyuluhan keagamaan dan organisasi keagamaan di Kabupaten Sijunjung dan juga dikenal luas oleh masyarakat.

Kepeduliannya kepada remaja yang kian hari semakin jauh dari Al-Quran, berhasil meraih hati ratusan remaja Nagari Palangki untuk tumbuh dan kembang bersama Al-Quran.

Usaha dan pengabdian beliau patut diacungi jempol, memulai pembinaan dari Titik Nol, hingga bisa meyakinkan hati para remaja untuk dekat dengan Al-Quran dan selalu berupaya menjadikan Nagari Palangki menjadi Kampung Penghafal Al-Quran.

“Alhamdulillah Pak dan terimakasih atas doanya,” ucapnya ketika menerima ucapan selamat dari media sore ini, Senin 3 Juni 2024 sekaligus support guna mengikuti lomba tingkat nasional.

“Peran Penyuluh Agama Dalam Upaya Mewujudkankan Kampung Penghafal AL-Quran di Nagari Palangki,” demikian tema yang di usung Ustadz Doni dalam lomba beberapa waktu lalu.

“Penghargaan hanyalah bonus yang datang setelah usaha. Tetaplah berbuat dan berdoa, meskipun tidak mendapatkan hadiah, pahala berdoa tetap ada,” demikian ia berkata, dalam rilis.

Kepala KUA Kecamatan IV Nagari Mulyanto, S.Ag saat dikonfirmasi sore ini mengungkapkan, “Kita sangat apresiasi kepada Ustadz Doni yang mengharumkan nama daerah dan memberikan efek sangat baik dalam kehidupan beragama terutama dalam dakwah membangun masyarakat di Kecamatan IV Nagari,” ujarnya.

Ditanya mengenai persiapan lomba tingkat nasional, Ustadz Doni menyatakan, “Bahan-bahan sudah kita kirimkan tanggal 30 Mei 2024 dan kita sedang dalam proses penilaian profil sembari menunggu tanggapan publik hingga tanggal 20 Juni 2024,” ungkapnya.

“Kiprah beliau sangat berdampak terhadap lebih kurang 115 orang, semoga Ustadz Doni menjadi yang terbaik ditingkat nasional,” Camat IV Nagari Ayu Bony Dwi Fitha, SSTP, M.Si memberikan support.

“Beliau orangnya bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam pengabdian, kita doakan semoga beliau sukses dikancah nasional,” demikian dukungan dari sejawatnya, Fakhrul Rozi Burda, Lc, M.Ud melalui WhatsApp.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait