KPU Sijunjung Siap Gelar Pilkada 2024, Tahapan Pendaftaran Calon Kepala Daerah Dimulai Agustus

KPU Sijunjung Siap Gelar Pilkada 2024, Tahapan Pendaftaran Calon Kepala Daerah Dimulai Agustus

TOPSUMBAR – Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, KPU Sijunjung menggelar konferensi pers pada Senin, 3 Juni 2024 di Muaro Sijunjung.

Hadir pada kesempatan itu antara lain, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia Juni Wandri, SH, M.Kn.

Kemudian Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Susila Andica, S.Sos.I, selanjutnya Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Bayu Agung Perdana, S.IP, serta Kepala Sub Bagian Hukum dan Sumberdaya Manusia Zamri Eka Putra, SH, MH.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Dinas Kominfo David Rinaldo, S.STP serta beberapa instansi terkait tersebut, disampaikan beberapa tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Sijunjung.

Guna mensukseskan jalannya Pilkada tanggal 27 November 2024 mendatang, Kabupaten Sijunjung telah melakukan pelantikan lembaga ad hoc PPK sebanyak 40 orang pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2024 serta pelantikan PPS sebanyak 186 orang pada hari Minggu tanggal 26 Mei 2024 lalu.

Calon perseorangan yang biasa dikenal dengan calon independen pada Pilkada 2024 ini tidak ada di Kabupaten Sijunjung alias nihil.

Mengenai pendaftaran pasangan calon bupati bersama wakil bupati, akan diumumkan pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2024 mendatang, dan pendaftaran dibuka selama tiga hari yakni Selasa-Kamis tanggal 27-29 Agustus 2024.

Terhadap pasangan bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) yang mendaftar, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan berkas, mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual.

Barulah pada hari Minggu tanggal 22 September 2024 akan dilakukan penetapan pasangan Cakada yang berhak mengikuti Pilkada bupati dan wakil bupati.

Sebelum hari pencoblosan, kepada Cakada diberi kesempatan untuk melakukan penyampaian visi-misi melalui kampanye mulai dari hari Rabu tanggal 25 September hingga Sabtu tanggal 23 November 2024.

Tak hanya itu, KPU Sijunjung juga akan memfasilitasi pelaksanaan debat antar calon yang dipandu oleh moderator serta panelis yang mumpuni di bidangnya.

KPU Sijunjung berhasil menyelenggarakan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 lalu, hal itu dibuktikan dengan sukses penyelenggaraan dan tidak ada Pemilihan Suara Ulang (PSU).

“No PSU, No PSU, No PSU,” ujar Ketua KPU Dori Kurniadi meledak-ledak kala itu, membakar semangat hadirin saat pembubaran PPK dan PPS pada hari Kamis tanggal 4 April 2024.

Nagari dengan partisipasi masyarakat tertinggi adalah Nagari Lubuk Tarantang (93,43%), disusul Nagari Tanjung Kaliang (91,63%) dan Nagari Sungai Betung (89,18%).

TPS dengan partisipasi masyarakat tertinggi yaitu TPS 002 Nagari Lubuk Tarantang (100%). Kemudian TPS 901 Nagari Muaro (98,92%) dan TPS 006 Nagari Aie Amo (97,94%).

Untuk kategori penginputan daftar pemilih terstruktur dimenangkan oleh PPK Kupitan, PPK Sijunjung dan PPK IV Nagari.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait