Korem 032/Wirabraja Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024, Bangun Bangsa dengan Nilai Pancasila

Korem 032/Wirabraja Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024, Bangun Bangsa dengan Nilai Pancasila

TOPSUMBAR – Korem 032/Wirabraja mengadakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Wirabraja Sport Centre Tarandam pada Sabtu, 1 Juni 2024.
Kolonel Inf Hendra Wijaya, Kasi Intel Kasrem 032/Wbr, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam amanatnya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, menekankan pentingnya peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni.

Bacaan Lainnya

Tanggal ini mengingatkan kita pada momen bersejarah ketika Bung Karno memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang menegaskan bahwa Pancasila adalah fondasi yang menyatukan bangsa Indonesia dengan segala keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam upaya mencapai Indonesia Emas pada 2045 yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ujar Yudian Wahyudi.

“Nilai-nilai Pancasila mengutamakan inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, serta menyatukan keberagaman dalam identitas nasional ‘Bhineka Tunggal Ika’,” tambahnya.

Yudian juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, ia juga menyoroti tantangan dari perkembangan global dan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat, dan berharap Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak kehilangan arah di masa depan.

“Dalam era teknologi yang berkembang pesat, penggunaan teknologi dan ponsel pintar harus bijaksana. Teknologi harus dimanfaatkan untuk menyebarkan konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya kaum milenial dan Gen-Z dalam pembangunan bangsa, dengan mengajak mereka untuk mengarusutamakan Pancasila melalui metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi.

Mengakhiri amanatnya, Yudian mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait