Kolaborasi Wali Nagari Mundam Sakti, BPN Bersama PPL Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

Kolaborasi Wali Nagari Mundam Sakti, BPN Bersama PPL Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

TOPSUMBAR – Wali Nagari Mundam Sakti bersama Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) berkolaborasi melaksanakan budidaya bawang merah pada Rabu, 5 Juni 2024 di Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari Sijunjung.

“Masyarakat kita pencahariannya adalah bertani, namun belum terbiasa dengan budidaya bawang merah,” ujar Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar, A.Md.

Kolaborasi wali nagari bersama BPN serta PPL tersebut adalah bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan dan mendapat respon dari pemerintahan kecamatan, sehingga Kasi Ekbang menghadiri langsung pemancangan lokasi yang dilakukan hari ini.

Bacaan Lainnya

Penyuluh Pertanian Urusan Programa dari BPP Kecamatan IV Nagari juga ikut menghadiri pemancangan lokasi tersebut.

“Tahun lalu kita juga melaksanakan budidaya bawang merah di Nagari Palangki dan berhasil dengan baik, itu menunjukan bahwa bawang merah juga cocok didaerah kita,” ujar Pitriana, A.Md, SP, PP. Programa,

Diketahui, hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 lalu di Pasar Mundam Sakti sekilo bawang merah dijual oleh pedagang dengan harga Rp. 40.000,-

Kenyataan itu menunjukan, bahwa bawang merah sangat prospektif untuk dikembangkan.

Selama proses budidaya bawang merah, petani akan memperoleh pendampingan dari PPL melalui Sekolah Lapangan (SL).

“Tahun ini kita melakukan pendampingan kepada petani melalui budidaya tanaman bawang merah dan cabai merah,” ujar PPL setempat Lailatul Uswah, SP.

Kolaborasi wali nagari bersama BPN dan PPL itu mendapat tanggapan positif dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan IV Nagari.

“Ini adalah tahun ke-empat, kolaborasi yang baik dalam mewujudkan ketahanan pangan yang patut diacungi jempol,” ujar Adpi Gunawan, SST selaku koordinator BPP memberikan keterangan terpisah.

“Tak hanya pendampingan budidaya, penyusunan programa penyuluhan pertanian di tingkat nagari juga dikolaborasikan dengan wali nagari dan BPN setiap tahunnya,” Adpi Gunawan menutup keterangan.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait