Ketua Bawaslu Resmi Lantik 47 Anggota PKD se-Kota Payakumbuh, Siap Awasi Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Resmi Lantik 47 Anggota PKD se-Kota Payakumbuh, Siap Awasi Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Sebanyak 47 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PKD) se-Kota Payakumbuh resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Aan Muharman, di Hotel Mangkuto pada Kamis pagi, 1 Juni 2024.

Dari jumlah tersebut, 17 anggota berasal dari Kecamatan Payakumbuh Barat, 6 dari Payakumbuh Selatan, 9 dari Payakumbuh Timur, 9 dari Payakumbuh Utara, dan 6 dari Lamposi Tigo Nagori.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Armen Faindal, unsur Forkopimda Kota Payakumbuh, Ketua dan Komisioner KPU Kota Payakumbuh beserta jajarannya, camat se-Kota Payakumbuh, serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Selamat bertugas kepada anggota PKD yang baru saja dilantik. Semoga sukses dalam mendukung agenda Pemilihan Serentak Nasional pada 27 November mendatang di Payakumbuh,” ujar Suprayitno dalam sambutannya.

Menurutnya, peran PKD sangat strategis sebagai perpanjangan tangan Bawaslu di tingkat kelurahan/desa untuk menghindari potensi pelanggaran.

“Keberadaan PKD sangat menentukan kesuksesan dan kualitas pemilihan serentak yang akan dilaksanakan nanti. Jika PKD melaksanakan tugasnya dengan baik, proses demokrasi pun akan berjalan dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Suprayitno juga menyampaikan bahwa Pemko Payakumbuh telah menuntaskan pencairan dana hibah pilkada sebesar Rp 13,8 miliar untuk penyelenggaraan oleh KPU Kota Payakumbuh.

Sementara itu, dana hibah untuk Bawaslu Kota Payakumbuh sebesar Rp 5,2 miliar, serta dana hibah pengamanan untuk Polres Payakumbuh sebesar Rp 1,2 miliar dan Kodim 0306/50 Kota sebesar Rp 550 juta, sedang dalam proses pencairan setelah penandatanganan NPHD.

“Pemko Payakumbuh mengapresiasi kinerja jajaran Bawaslu Kota Payakumbuh atas kelancaran pembentukan PKD Kota Payakumbuh tahun 2024, yang terbukti tanpa gejolak atau keluhan dari masyarakat. Proses rekrutmen berjalan sesuai aturan dengan tetap menjaga nilai etik dan integritas penyelenggara pemilu,” puji Suprayitno.

“Kami berharap setiap tahapan proses demokrasi ini berlangsung netral, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya, sehingga menghasilkan pemimpin dan sistem yang berkualitas di Kota Payakumbuh yang kita cintai,” tutupnya.

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Aan Muharman, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko Payakumbuh dan stakeholder terkait demi kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Daerah Serentak 2024.

“Kami atas nama Bawaslu Kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih. Kepada PKD yang baru dilantik, jaga proses demokrasi dengan profesionalisme, netralitas, dan independensi,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait