Kesbangpol Payakumbuh Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan untuk Pelajar SMA

Kesbangpol Payakumbuh Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan untuk Pelajar SMA

TOPSUMBAR – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pemantapan wawasan kebangsaan bagi pelajar SMA sederajat.

Acara ini berlangsung di Aula Pertemuan Ngalau Indah, Lt. 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh pada Rabu sore, 12 Juni 2024.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Ifon Satria Chan, Asisten III membuka secara langsung acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Turut hadir mendampingi Pj Wali Kota, Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Dipa Surya Persada, serta Narasumber yang merupakan Pembina PPI Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh menekankan pentingnya wawasan kebangsaan sebagai ciri khas bangsa Indonesia, yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

“Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan guna mengekspresikan jati diri yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia 1945,” ujar Ifon Satria Chan, yang mewakili Pj Wali Kota Payakumbuh.

Ifon menambahkan bahwa konsep kebangsaan adalah dasar negara dan ideologi nasional yang tercermin dalam Pancasila dan pembukaan UUD 1945.

“Wawasan kebangsaan Indonesia menolak segala bentuk diskriminasi berdasarkan suku, ras, asal usul keturunan, warna kulit, kedaerahan, golongan, agama, dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kedudukan sosial,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh, Dipa Surya Persada mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memperkuat sinergitas bersama generasi muda.

Selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran diri sebagai warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana bagi generasi muda untuk membangun solidaritas sosial dan kerja sama dalam masyarakat yang majemuk, serta mempersiapkan kader terbaik bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” ujar Dipa.

Dipa menambahkan bahwa wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa, serta pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa depan.

“Sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi Kesbangpol, sosialisasi wawasan kebangsaan ini diadakan untuk menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai,” tutup Dipa.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait