Kepala BKKBN Serahkan Penghargaan Juara Satu Kepada Bupati Sijunjung

Kepala BKKBN Serahkan Penghargaan Juara Satu Kepada Bupati Sijunjung

TOPSUMBAR – Untuk kesekian kalinya, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang kembali menerima penghargaan tingkat nasional.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo menyerahkan penghargaan juara satu kepada bupati Sijunjung di Semarang pada Rabu, 26 Juni 2024.

Juara Satu Rumah Data Kependudukan (RDK) Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, telah mengangkat nama kabupaten di level nasional.

Bacaan Lainnya

“Suatu kebanggaan bagi Sijunjung menerima penghargaan tingkat nasional ini,” ujar bupati dalam keterangan tertulisnya.

“Keberhasilan dari Rumah DataKu ini tidak lepas dari peran penting serta keterlibatan berbagai sektor yang terus bekerja sama untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan data guna mewujudkan pembangunan nagari sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” lanjutnya.

Benny Dwifa Yuswir mengakui pentingnya Rumah DataKu di Kampung KB sebagai sumber data bagi Pemerintah Daerah.

“Rumah DataKu berfungsi sebagai pusat data dan tempat intervensi permasalahan kependudukan, mencakup sistem pengelolaan serta pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro,” jelasnya.

Wali Nagari Taratak Baru Mankasbi mengatakan, “Rumah Dataku sangat penting dalam pengelolaan data dinagari”.

Pemanfaatan data kependudukan secara mikro pengelolaannya mulai dari identifikasi, mengumpulkan, verifikasi, analisis data yang bersumber dari, oleh dan masyarakat sebagai basis untuk mengintervensi pembangunan di kampung KB.

Saat penerimaan hadiah, bupati didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Roni Satria, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Tanjung Gadang Lili Susanti, Wali Nagari Taratak Baru Mankasbi, Ketua BPN Walvis Iprizon, Ketua Kampung KB Nagari Taratak Baru Charlesmanto serta Ketua Rumah DataKu Nagari Taratak Baru, Rahmi.

(AG/kominfo)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait