Kembangkan Pariwisata Halal, Pemprov Sumbar Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Kembangkan Pariwisata Halal, Pemprov Sumbar Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) terus menunjukkan komitmennya dalam mempercepat pengembangan pariwisata halal.

Dalam menanggapi hal itu, Pemprov akan memfokuskan upaya dalam meningkatkan sinergitas antarlembaga serta peningkatan partisipasi masyarakat di Sumbar.

“Secara regulasi kita sudah memiliki Perda sejak tahun 2020. Saat ini yang perlu diperkuat adalah implementasinya, itulah tujuan dari acara ini,” ujar Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi, mewakili Gubernur Sumbar.

Bacaan Lainnya

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi percepatan implementasi pengembangan pariwisata halal, yang dihadiri perwakilan badan dan dinas di lingkungan Pemprov serta Kabupaten/Kota se-Sumbar di Auditorium Gubernuran, pada Rabu, 26 Juni 2024.

Arry mengungkapkan bahwa Sumbar telah berhasil terpilih sebagai salah satu dari sembilan destinasi wisata ramah muslim atau wisata halal di Indonesia.

Pengakuan ini telah diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019 lalu.

Berdasarkan rilis tertulisnya, ia menegaskan bahwa pariwisata halal bukan berarti mengasingkan wisatawan nonmuslim, melainkan memberikan kepastian dan kenyamanan bagi wisatawan muslim dalam menjalankan aktivitas sesuai kaidah Islam.

“Bukan dipisahkan, tapi difasilitasi aktivitasnya agar sesuai dengan kaidah Islam,” tegasnya.

Arry berharap dengan terfasilitasinya kebutuhan ini, jumlah kunjungan wisatawan muslim ke Sumbar akan terus meningkat.

Selain itu, aspek kebersihan, kesehatan, serta keselamatan dalam berbagai layanan akan terus diupayakan menjadi semakin baik.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdaprov Sumbar, Al Amin, menambahkan bahwa rapat tersebut bertujuan mendorong penyelenggaraan wisata halal yang dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, memberikan efek berantai untuk kesejahteraan masyarakat.

“Semoga setelah ini, sinergitas dan integrasi antar lembaga terkait bisa semakin kuat. Partisipasi masyarakat pun semakin meningkat,” harapnya.

(adpsb/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait