Kabupaten Solok Raih Peringkat 10 Besar Nasional dalam Expo Pengawasan Intern 2024

Kabupaten Solok Raih Peringkat 10 Besar Nasional dalam Expo Pengawasan Intern 2024

TOPSUMBAR – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelenggarakan Expo Pengawasan Intern 2024 di The Krakatau Grand Ballroom, Jl TMII Pintu 1 Jakarta Timur pada Selasa, 28 Mei 2024 lalu.

Dengan tema “Independensi Pengawasan Untuk Akselerasi Pembangunan,” acara ini bertujuan untuk menekankan pentingnya independensi pengawasan dalam mendukung percepatan pembangunan.

Selain itu, Expo ini juga diikuti oleh 99 peserta dari pemerintah daerah, kementerian/lembaga, serta BUMN se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Acara ini berfungsi sebagai platform bagi kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan badan usaha (KLPBU) untuk menampilkan hasil kontribusi pembangunan mereka serta menunjukkan peran penting Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mengawal program pembangunan.

Melalui expo ini, ditunjukkan bahwa peran KLPBU dalam pembangunan nasional dan APIP dalam mengawal program pemerintah semakin vital dan strategis.

Pada tahun 2024, Kabupaten Solok menjadi satu-satunya perwakilan dari Sumatera Barat yang ditunjuk oleh BPKP untuk mengikuti expo tersebut.

Dipimpin oleh Inspektur Daerah Dery Akmal, ST, Kabupaten Solok berhasil masuk dalam 10 besar peserta terbaik hasil pilihan juri dari 99 peserta se-Indonesia.

Dalam acara ini, Inspektur Daerah didampingi oleh Inspektur Pembantu V Hafizol Gafur, Kabid Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Fathnaini Aisyah, Kabid Pengelolaan Pendapatan BKD Rince Kusmala Dewi, serta staf Muhammad Azis Cupak, dan Devin Rahmat.

Tim Kabupaten Solok mempresentasikan program-program unggulan serta capaian yang telah diraih selama kepemimpinan Bupati Epyardi Asda.

Salah satu program unggulan yang menarik perhatian juri adalah “1 Kecamatan 1 Excavator.” Program ini berhasil menghemat anggaran sebesar Rp 65 miliar, sebuah efisiensi yang diapresiasi oleh juri selama sesi tanya jawab.

Sementara itu, Inspektur Daerah Dery Akmal berharap bahwa Kabupaten Solok dapat kembali mewakili Sumatera Barat tahun depan dan memberikan kontribusi yang lebih baik, hingga meraih peringkat terbaik di tingkat nasional pada tahun 2025.

Dengan pencapaian ini, Kabupaten Solok tidak hanya mengharumkan nama Sumatera Barat, tetapi juga membuktikan bahwa pengawasan intern yang efektif dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengelolaan anggaran dan pembangunan daerah.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait