Jelang Pilkada 2024, Sejumlah Nama Bakal Calon Bupati Pasaman Barat Mulai Bermunculan

Jelang Pilkada 2024, Sejumlah Nama Bakal Calon Bupati Pasaman Barat Mulai Bermunculan

TOPSUMBAR – Sejumlah nama Bakal Calon (Balon) Bupati di Pasaman Barat mulai bermunculan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Beberapa diantaranya merupakan pemain lama atau petahana, namun tak sedikit wajah baru juga diisukan bakal mewarnai perhelatan demokrasi di daerah berjuluk Tuah Basamo tersebut.

Siapakah mereka?

Bacaan Lainnya

Pertama yang digadang-gadang akan maju kembali dalam Pilkada 2024 Pasaman Barat salah satunya adalah H. Hamsuardi, S.Ag. Dia merupakan seorang petahana atau Bupati Pasbar periode 2020 – 2025.

H. Hamsuardi atau akrab disapa Siham merupakan mantan camat, lurah dan yang tak asing bagi masyarakat ia adalah seorang atlet Voli Ball asal Simpang Godang. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut disebut akan maju kembali di Pilkada Pasbar 2024 ini.

Sosok Siham diminta oleh masyarakat kembali maju menjadi Bupati Pasbar pada Pilkada 2024 ini. Karena, masyarakat menyebut ada beberapa tugas yang belum selesai dan harus dilanjutkan Siham di Pasbar, sehingga dia pantas untuk kembali melaju di Pilkada ini.

Selain Siham, nama H. Nazwar. SH juga disebut akan ikut serta meramaikan pesta demokrasi di Pasbar. Terkait nama Nazwar yang juga politisi Partai Demokrat itu mencuat ditengah masyarakat Sekarang ini dengan aksinya di Gerakan Anti Narkoba (GAN).

Sosok satu ini merupakan sosok yang sederhana dan merakyat, dan sekarang masih menjabat sebagai ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat.

Ditengah masyarakat juga muncul nama H. Daliyus K. S. Si. Dia merupakan salah satu sosok politikus senior Pasaman Barat dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Pria ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Pasaman Barat dan mantan anggota DPRD Pasbar sejak 2004 hingga 2024 atau 4 periode dengan jabatan sebagai anggota, wakil ketua dan ketua DPRD Pasaman Barat.

Selain itu masih ada seperti Jailani yang merupakan seorang pucuk adat Daulat Parit Batu yang bergabung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Seterusnya, ada nama yang juga pendatang baru dalam kancah politik Pasaman Barat yaitu Mustika Yana yang Dipertuan Kinali. Sosok pria yang kerap disapa Si Em itu juga banyak yang menganjurkan untuk mencalonkan diri sebagai kandidat Bupati Pasbar di Pilkada 2024 ini.

Untuk diketahui, Mustika Yana yang Dipertuan Kinali ini merupakan seorang mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sudah pensiun. Dan sekarang menggeluti dunia bisnis alat berat dan perkebunan.

Seterusnya masih ada juga politisi senior Partai PDI Perjuangan yaitu Syamsul Bahri, sekarang masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019 – 2024.

Politisi asal Air Balam, Kecamatan Koto Balingka tersebut juga disebut patut menjadi andalan warga Pasbar untuk menjadi pemimpin.

Tak hanya itu, nama H. Yulianto. SH juga ramai diperbincangkan akan ikut serta mencalonkan diri di Pilkada Pasbar ini. Politisi Partai Demokrat itu merupakan tokoh yang dianggap layak ikut serta membangun Pasbar. Apalagi dia dianggap memiliki pengalaman. Karena, pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Pasbar masa kepemimpinan H. Syahiran.

Ditengah perjalanan, H. Syahiran meninggal dunia, dan dilanjutkan oleh H. Yulianto sebagai Bupati Pasaman Barat periode 2015 – 2020.

Sejumlah nama lain yang disebut akan ikut meramaikan bursa kandidat kepala daerah Pasbar, yaitu Kusnadi. Sosok satu ini merupakan pengusaha asal Pasaman Barat yang sekarang berdomisili di Jakarta. Selanjutnya ada juga nama Drs. Ayat Rahadian yang juga dianggap cakap dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk membenahi Pasbar.

Kandidat lain yang dianggap cocok ikut dalam Pilkada Pasbar adalah pengusaha muda asal Kampung Randah, Kecamatan Koto Balingka.

Selain nama-nama tersebut, Pasbar juga memiliki sejumlah tokoh lain yang dianggap mampu membawa perubahan bagi daerah tersebut.

“Siapa saja Bupati Pasbar tidak masalah karena semua punya proses, tetapi yang kita harapkan adalah orang-orang yang potensial dan berkapasitas memimpin Pasbar agar lebih baik di masa depan,” ujar aktivis Pasbar, Arwin Lubis, Saptu (1/6/2024).

Dia mengatakan, saat ini Pasbar butuh pemimpin yang betul-betul mampu untuk memakmurkan masyarakat. Apalagi, Pasbar memiliki sejumlah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Selain itu, Pasbar juga merupakan salah daerah di Sumatera Barat sebagai penghasil Cruit Palm Oil (CPO).

Pernah juga disampaikan Kijal Atri Tanjung, tokoh asal Pasbar tinggal di Padang bahwa, Pasbar saat ini membutuhkan pemikir-pemikir agar dapat lebih berkembang dan maju.

Dia bahkan menyarankan pada perhelatan Pilkada 2024 mendatang, warga Pasbar mencalonkan tokoh-tokoh yang memiliki kapasitas, dan mampu bersaing secara nasional.

“Saatnya Pasbar bangkit dan maju, sejahterakan masyarakatnya dengan program-program pusat ke daerah,” pintanya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait