Ismunandi Sofyan, Anggota DPRD Sumbar, Alokasikan Pokir untuk Workshop Pengembangan Usaha KTH dan KPS

Ismunandi Sofyan, Anggota DPRD Sumbar, Alokasikan Pokir untuk Workshop Pengembangan Usaha KTH dan KPS

TOPSUMBAR – Sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ismunandi Sofyan, SE., telah mengalokasikan pokok-pokok pikirannya (Pokir) dengan menyelenggarakan workshop bersama Dinas Kehutanan Sumbar untuk Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Kelompok Perhutanan Sosial (KPS).

Workshop dengan tema Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS Tahun 2024 berlangsung di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, pada Kamis 13 Juni 2024.

Ismunandi Sofyan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan yang ia wakili di daerah Agam dan Kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

“Saya berharap para peserta dapat mengikuti workshop ini dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan KTH dan KPS,” ungkap Ismunandi Sofyan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi, program perhutanan sosial telah membawa dampak positif signifikan bagi masyarakat sekitar, terutama dalam aspek ekonomi. Banyak yang dulunya terlibat dalam praktek ilegal logil kini telah beralih profesi menjadi pelaku ekowisata dan petani kopi.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, dalam pembukaan kegiatan tersebut menekankan komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar untuk memastikan pengelolaan dan pemanfaatan kawasan hutan berjalan sesuai aturan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Dengan workshop ini, kami berharap kapasitas dan daya saing KTH dan KPS dapat meningkat, sehingga kami dapat mewujudkan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan,” tegas Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengingatkan pentingnya menjaga ekosistem hutan untuk keberlanjutan fungsi dan manfaatnya bagi masyarakat Sumbar, mengingat hampir 82 persen nagari di daerah itu berada dalam kawasan hutan.

(HT)

Pos terkait