Inovasi Pelayanan Kesehatan, Diskominfo Agam Perkenalkan Website Puskesmas

Inovasi Pelayanan Kesehatan, Diskominfo Agam Perkenalkan Website Puskesmas

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Diskominfo Agam terus berupaya meningkatkan keterbukaan informasi dan pelayanan di sejumlah Puskesmas di wilayah tersebut.

Komitmen ini diwujudkan melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi di berbagai Puskesmas.

Diskominfo Agam melakukan serangkaian kegiatan di Puskesmas Biaro pada Senin, 24 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Bidang E-Gov Diskominfo memberikan penjelasan secara detail mengenai fitur-fitur website Puskesmas Biaro.

Kemudian melakukan uji coba penginputan data internal pada akun admin untuk memastikan sistem berjalan dengan baik, serta berdiskusi dengan pihak Puskesmas mengenai penambahan fitur yang dibutuhkan.

Selain itu, mereka juga meninjau daftar prioritas penambahan fitur yang diusulkan oleh Puskesmas Biaro.

Diskominfo Agam juga mengatur perangkat untuk Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan melakukan uji coba survei kepuasan masyarakat atau pasien.

Hingga saat ini, sudah ada lima Puskesmas yang memiliki website dan satu Puskesmas lagi dalam tahap persiapan.

“Empat Puskesmas yang websitenya sudah bisa diakses adalah Puskesmas Bt. Kambing, Tiku, Lasi, dan Biaro. Sementara itu, Puskesmas Matur sedang dalam tahap implementasi dan pembuatan kode program, dan Puskesmas Palupuh sedang dalam tahap awal pengumpulan informasi,” ungkap Kadiskominfo Agam, Syatria.

Website Puskesmas diyakini dapat memberikan banyak nilai tambah, selain sebagai media untuk memperkenalkan profil Puskesmas kepada masyarakat, website juga menyediakan layanan konsultasi online berbasis WhatsApp, memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi kesehatan.

“Selain itu, website berfungsi sebagai media informasi untuk layanan yang ada di Puskesmas dan memungkinkan masyarakat memberikan penilaian langsung secara online, yang terekap secara otomatis untuk perbaikan layanan Puskesmas,” tambah Syatria.

Lebih lanjut, website juga menjadi platform untuk pemberitaan program-program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Puskesmas, memberikan akses informasi yang lebih luas dan transparan kepada masyarakat.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait