IKAPPABASKO Himpun Organisasi-organisasi Kanagarian, Awal Agustus Pengukuhan Pengurus dan Aksi Sosial Lelang Amal di Jakarta

TOPSUMBAR – Ikatan Keluarga Padang Panjang, Batipuah, dan X Koto (IKAPPABASKO) kembali eksis meramaikan organisasi masyarakat Minangkabau perantauan yang ada di tanah air, khususnya di lingkup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sebelumnya IKAPPABASKO sempat vakum karena pandemi covid-19 melanda seluruh kawasan di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Acara Aksi Sosial dan Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO, Eddy Yatman, melalui siaran pers resmi, diterima Topsumbar.co.id, Kamis, 20 Juni 2024.

Ia menjelaskan, sebagai bentuk eksisnya kembali IKAPPABASKO pada tanggal 16 September 2023 lalu telah diselenggarakan Musyawarah Besar IKAPPABASKO di Jakarta dengan menghasilkan dua keputusan penting.

Pertama ; menetapkan Chairul Alfi sebagai Ketua Umum IKAPPABASKO periode 2023-2028.

Kedua ; menegaskan posisi IKAPPABASKO sebagai Badan Koordinasi Organisasi Kanagarian Perantauan yang memiliki daerah asal dari sekitaran wilayah Padang Panjang, Batipuah dan X Koto (PABASKO).

“Posisi ini sekaligus menekankan bahwa anggota organisasi IKAPPABASKO bukanlah orang per per orang, melainkan beranggotakan organisasi-organisasi masyarakat perantauan dari nagari-nagari yang ada di lingkup PABASKO,” jelas Eddy Yatman.

“Saat ini terdapat 20 organisasi nagari yang sudah tergabung dalam IKAPPABASKO,” sambungnya melanjutkan.

Pengukuhan Pengurus

Eddy juga menyampaikan sebagai bentuk eksisnya kembali IKAPPABASKO telah dibentuk pula Struktur Pengurus IKAPPABASKO Periode 2023-2028 yang akan membantu Chairul Alfi menjalankan roda organisasi selama lima tahun ke depan.

“Para pengurus organisasi IKAPPABASKO ini merupakan perwakilan dari masing-masing organisasi nagari di lingkup PABASKO,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Eddy pada Minggu 4 Agustus 2024 mendatang akan diadakan acara Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO Periode 2023-2028 di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta.

“Acara bertajuk ‘Sumarak Alek Nagari Perantauan’ akan dikemas dengan apik dan momen ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang ‘Silaturahmi Akbar’ kalangan masyarakat Minangkabau, baik yang tinggal di perantauan maupun yang sengaja datang dari daerah Sumatera barat untuk memeriahkan acara. Pesertanya terbuka bagi semua kalangan, tidak hanya masyarakat PABASKO,” terangnya.

Aksi Sosial Lelang Amal

Lebih jauh Eddy menjelaskan, melalui kegiatan pengukuhan pengurus, IKAPPABASKO juga membangkitkan rasa kepedulian khalayak terhadap musibah banjir bandang lahar dingin Marapi yang menerjang wilayah Kabupetan Agam, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar pada 11 Mei 2024 lalu, yang tak lain sebagiannya merupakan wilayah PABASKO. Sungguh banyak kerugian yang ditanggungkan oleh masyarakat maupun nagari dan pemerintah daerah.

“Untuk meringankan beban masyarakat dan pemda setempat, acara Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO Periode 2023-2024 ini diserangkaikan pula dengan ‘Aksi Sosial’ berupa lelang amal. Akan ada puluhan lukisan kaligrafi karya Ustad Derry Sulaiman yang akan dilelang, dan sebagian hasilnya dipersembahkan untuk membantu daerah-daerah terdampak bencana banjir lahar dingin Marapi,” imbuhnya.

Serba Minang

Eddy menambahkan, sebagai pengobat rindu terhadap kampung halaman, nantinya panitia akan menghadirkan anjungan yang diisi oleh kreativitas nagari-nagari, serta hiburan bernuansa Minangkabau. Ini menunjukkan sekalipun berada jauh dari kampung halaman, nilai-nilai dan tradisi leluhur tetap melekat di hati dan hadir dalam keseharian ‘Urang Minang Perantauan’.

“Acara ini didukung oleh tokoh-tokoh nasional, terutama dari kalangan perantau Minangkabau, seperti Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana), Andrinof Chaniago (Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Nurhayati Subakat (Founder Wardah Cosmetic), dan Taufik Ismail (Penyair Senior),” jelasnya.

Terakhir, ia selaku Ketua Panitia Acara Aksi Sosial dan Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO, mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Minangkabau, terutama yang berkampung halaman di wilayah PABASKO untuk hadir meramaikan acara ini.

Sebab, banyak hal bisa didapatkan dalam satu kesempatan. Bersilaturahmi dengan saudara sekampung, beramal, sekaligus menikmati hidangan dan hiburan khas Minangkabau.

“Kami menyediakan anjungan yang akan diisi dengan berbagai kreativitas organisasi nagari. Ajak serta sanak keluarga. Rindu dengan kampung halaman akan terobati,” pungkas Eddy.

Berikut Eddy melampirkan organisasi-organisasi yang terhimpun ke dalam IKAPPABASKO dan susunan pengurus inti IKAPPABASKO periode 2023-2028.

Anggota IKAPPABASKO

1. Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP)
2. Ikatan Keluarga Perantau Gunuang (IKPG)
3. Ikatan Keluarga Perantau Singgalang (IKPS)
4. Ikatan Keluarga Paninjauan Sepakat (IKPAS)
5. Ikatan Keluarga Pandai Sikek (IKAPSI)
6. Ikatan Keluarga Panyalaian (IKP)
7. Ikatan Keluarga Air Angek (IKAIRA)
8. Ikatan Keluarga Perantau Tambangan (IKAPERTA)
9. Ikatan Keluarga Jaho (IKAHO)
10. Kerukunan Warga Koto Baru (KWKB)
11. Ikatan Keluarga Koto Laweh
12. Ikatan Keluarga Gunuang Rajo (IKGR)
13. Ikatan Keluarga Besar Andaleh (IKBA)
14. Sabu Sakato
15  Himpunan Keluarga Batipuah (HKB)
16. Ikatan Keluarga Pitalah Bungo Tanjuang (IKPBT)
17. Ikatan Keluarga Tanjuang Barulak (IKTB)
18. Ikatan Keluarga Sumpur (IKES)
19. Ikatan Keluarga Batu Taba
20. Ikatan Keluarga Malalo (IKMAL)

Susunan Pengurus Inti IKAPPABASKO Periode 2023-2028

Ketua Umum :  Charul Alfi
Waketum Bidang Organisasi, Hukum & Advokasi :  Azhari St. Malano
Waketum Bidang Hubungan Antarlembaga dan Generasi Muda :  Dedy Demona
Waketum Bidang Usaha dan Dana :  Yuliot Tanjung
Waketum Bidang Support, Publikasi & Seni :  Eddy Yatman
Waketum Bidang Sosial dan Keagamaan :  Eddy Zuarman
Sekretaris Jenderal :  Yuhelson M. Noer
Wasekjen :  Yandri Sudarso
Wasekjen :  Rudi Hendri
Wasekjen :  Faizah Fauzan
Bendaha Umum :  Monalisa Muchtar
Bendahara :  Mira Zuryanti

“IKAPPABASKO kini mengokohkan posisinya sebagai badan koordinasi. Fungsinya sebagai wadah yang menghimpun kebersamaan dan kekuatan organisasi-organisasi nagari, sehingga kiprah dan eksistensi eksistensi organisasi menjadi lebih kuat dan dapat berbuat lebih banyak bagi kemaslahatan masyarakat di ranah maupun di rantau,” jelas Ketua Umum IKAPPABASKO periode 2023-2028, Chairul Alfi saat diwawancara terpisah pada Rabu, 19 Juni 2024.

(Alfian YN)

Pos terkait