Idul Adha Identik dengan Masakan Serba Daging, Ini Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban

TOPSUMBAR –  Hari Raya Idul Adha identik dengan masakan lezat serba daging. Sebut saja rendang, soto, sate, steak, dan aneka menu olahan daging lainnya.

Aneka menu olahan daging demikian nyaris ada di setiap daerah termasuk di Kota Padang Panjang, bahkan tak jarang dikonsumsi berlebihan.

Lantas bagaimana dengan keamanan dan kesehatan tubuh dalam mengonsumsi masakan lezat olahan daging kurban itu.

Berikut Dokter Umum Klinik Pratama Assyifa dan Klinik Sikes Secata B Rindam I/BB Kota Padang Panjang, dr. Syukria Fitri berbagi tips keamanan dan kesehatan mengonsumsi daging kurban.

Menurut dr. Syukria Fitri seperti dilansir laman Kominfo Padang Panjang, Selasa (18/6/2024), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh saat mengkonsumsi hidangan lezat berbahan daging di hari raya idul adha.

“Jadi saat banyaknya hidangan lezat berbahan daging di hari raya idul adha perhatikan dulu kondisi tubuh kita dan bagaimana kesehatan kita. Apakah kita punya penyakit berisiko atau tidak,” kata Dia.

Kemudian, masak daging hingga matang sempurna agar terbebas dari bakteri penyebab penyakit.

“Hindari pengolahan secara berlebihan. Akan lebih baik diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang agar nutrisi di dalam daging tidak berkurang atau hilang,” ujarnya sembari menambahkan jangan memakan daging secara berlebihan.

Selain itu, dr. Syukria Fitri  merekomendasikan agar setiap kali makan masakan olahan daging iringi dengan banyak minum air putih dan memakan serat seperti sayuran dan buah-buahan agar BAB tetap lancar.

“Bagi penderita kolesterol tinggi, selain batasi konsumsi daging, pilihlah bagian daging yang kandungan lemaknya rendah seperti potongan daging yang berasal dari punggung sapi atau diistilahkan daging sirloin. Sirloin mempunyai lemak lebih sedikit dibandingkan daging tenderloin,” pungkasnya.

(AL)

Pos terkait