Idul Adha 1445 H: Jokowi Salurkan Bantuan Sapi Kurban untuk Tiap Provinsi di Indonesia

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan keterangan pers kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat 14 Juni 2024. (Foto: Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan sejumlah bantuan hewan kurban sapi untuk perayaan Idul Adha 1445 H.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, kepada seluruh gubernur dan penjabat (Pj) Gubernur daerah pada Jumat, 14 Juni 2024.

“Pagi ini, saya bersama Deputi dan Pak Karo, menyampaikan bantuan kemasyarakatan dari Presiden berupa sapi kurban untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh gubernur dan penjabat gubernur,” ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta dikutip dari Sekretariat Kabinet RI.

Bacaan Lainnya

Heru menjelaskan bahwa bantuan sapi kurban ini disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, masing-masing mendapat satu ekor sapi.

Lebih menarik lagi, Tahun ini Jokowi juga memberikan tambahan satu ekor sapi kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

“Setiap provinsi mendapatkan satu ekor sapi, termasuk OIKN, dan sesuai arahan Presiden, beberapa tambahan sapi mungkin akan diberikan kepada OIKN,” tambahnya.

Sapi yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi memiliki berat bervariasi antara 800 kilogram hingga satu ton.
Untuk memastikan kualitas dan kesehatan sapi yang disalurkan, Sekretariat Presiden telah melakukan kerja sama dengan dinas terkait.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan setempat, serta Dirjen Kementerian Agama, untuk memastikan bahwa sapi-sapi yang dipilih sehat dan bebas dari penyakit,” kata Heru.

Untuk penyerahan sapi kurban di Masjid Istiqlal, Heru menyebutkan bahwa penyerahan rencananya akan dilakukan pada Jumat sore atau Sabtu kemarin.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait