Gubernur Sumbar Tebar Qurban di Daerah Pascabencana, Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial

Gubernur Sumbar Tebar Qurban di Daerah Pascabencana, Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyerahkan bantuan sapi qurban dalam program Tebar Qurban ASN dan BUMD Pemprov Sumbar di Nagari Parambahan, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar pada Selasa, 18 Juni 2024.

Daerah ini merupakan salah satu kawasan terdampak bencana beberapa waktu lalu.

Mahyeldi menyatakan bahwa ibadah qurban merupakan bentuk nyata kepedulian sosial di tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sebelum memulai kegiatan Tebar Qurban di Tanah Datar, Mahyeldi menyempatkan melaksanakan ibadah subuh dan memberikan tausiah di Masjid Ubudiah Parambahan.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi menyampaikan bahwa hewan qurban yang diserahkan merupakan sumbangan dari ASN Pemprov Sumbar dan BUMD.

Total bantuan tersebut mencapai 78 ekor sapi dan lima ekor kambing.

“Untuk Parambahan, kita serahkan dua ekor sapi dan empat ekor kambing, yang telah diterima oleh Wali Nagari Parambahan. Kawasan ini sebelumnya merupakan salah satu daerah yang terdampak bencana alam,” ucap Mahyeldi.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi menjelaskan bahwa ibadah qurban pada Hari Raya Idul Adha diharapkan dapat terus menggugah rasa kepedulian sosial masyarakat, terutama mereka yang secara ekonomi lebih mampu, agar mau menyisihkan sebagian rezekinya.

Hal ini juga mendukung usaha pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Dengan tumbuhnya kepedulian sosial bersama pemerintah, InsyaAllah persoalan kemiskinan di Sumbar dapat diatasi. Selain berqurban, kita juga bisa membantu dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, mendirikan sekolah, atau memberikan bantuan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Mahyeldi juga menyebutkan bahwa Pemprov Sumbar telah menginisiasi dan melaksanakan sejumlah program untuk mengentaskan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem. Berkat berbagai program tersebut, jumlah kemiskinan ekstrem di Sumbar terus menurun.

Berdasarkan data dari BPS, pada Maret 2023, kemiskinan ekstrem di Sumbar turun dari 0,77 persen (43.671 jiwa) menjadi 0,41 persen (23.253 jiwa).

“Salah satu program Pemprov Sumbar adalah penyebaran hewan qurban setiap Idul Adha. Tahun ini kita sebar 78 ekor sapi dan lima ekor kambing, dengan sasaran masyarakat kurang mampu, daerah-daerah bencana, dan daerah 3T,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dan BUMD di lingkup Pemprov Sumbar yang telah berkontribusi dalam penyaluran hewan qurban pada program Tebar Qurban tahun ini.

“Alhamdulillah, jumlah hewan qurban meningkat dibanding tahun lalu. Kami berharap ke depan bisa meningkat lagi, sehingga lebih banyak warga yang mendapatkan daging qurban,” ujarnya.

Wali Nagari Parambahan, Lubiasdi, turut mengucapkan terima kasih atas bantuan sapi qurban yang diberikan Pemprov Sumbar.

Ia menyatakan bangga menerima kunjungan dari Gubernur dan seluruh jajaran Kepala OPD Pemprov Sumbar dalam penyaluran bantuan tersebut.

“Kami sangat bersyukur Nagari Parambahan dipilih sebagai salah satu lokasi penyembelihan sapi qurban dari ASN dan BUMD Pemprov Sumbar. Kami bangga karena Buya Mahyeldi langsung hadir di nagari kami,” ucapnya.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait