Gubernur Sumbar Minta Kualitas Pelayanan Publik di Sumbar Harus Meningkat Setiap Tahun

Gubernur Sumbar Minta Kualitas Pelayanan Publik di Sumbar Harus Meningkat Setiap Tahun

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik di Sumbar setiap tahun, karena manfaatnya akan langsung dirasakan oleh masyarakat luas.

“ASN itu harus melayani bukan dilayani, jangan sampai terbalik. Pemerintah itu harus solutif dan adaptif, jangan menyulitkan,” tegas Mahyeldi saat membuka Workshop Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik bagi seluruh instansi pemerintahan di Sumbar, yang diadakan di salah satu hotel di Kota Padang, Kamis 6 Juni 2024.

Kegiatan ini adalah bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar dan Ombudsman RI perwakilan Sumbar untuk mengawal terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas di Sumbar.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2023, Pemprov Sumbar berhasil mendapatkan nilai kategori A dan masuk dalam enam besar nasional dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI.

Dari total 19 kabupaten/kota di Sumbar, delapan di antaranya meraih nilai A, sepuluh meraih nilai B, dan satu meraih nilai C. Pada tahun 2022, hanya lima daerah yang berhasil meraih nilai kategori A.

“Capaian tahun 2023 lebih baik dibandingkan 2022. Semoga pada 2024 ini bisa kembali meningkat, atau paling tidak jangan sampai turun,” harap Mahyeldi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani, menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan di setiap instansi pemerintah. Hal ini akan menjadi tolak ukur hadirnya negara di tengah masyarakat.

“Salah satu tugas utama pemerintah adalah melayani masyarakat. Oleh karena itu, hal ini perlu diperkuat dan dikawal agar pelaksanaannya semakin baik setiap hari,” ujarnya.

Yefri juga menegaskan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Meskipun penilaian tahun lalu menunjukkan hasil yang cukup bagus, perbaikan dan penyempurnaan di berbagai lini tetap perlu dilakukan.

(adpsb/cen/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait