FWP-SB Lakukan Studi Tiru ke DPRD Kaltim, Bahas Keterbukaan Informasi dan Kerjasama Media

FWP-SB Lakukan Studi Tiru ke DPRD Kaltim, Bahas Keterbukaan Informasi dan Kerjasama Media

TOPSUMBAR – Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur (DPRD Kaltim) pada Senin, 10 Juni 2024.

Kunjungan tersebut dalam rangka studi tiru terkait pengelolaan liputan dan kerja sama dengan media.

Sebanyak 20 orang wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Sekretariat DPRD Kaltim tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi, Penganggaran, dan Pengawasan Sekretariat Kaltim, H Andi Rajak mengucapkan terima kasih kepada wartawan Sumbar yang telah berkunjung pada kesempatan itu.

Menurutnya, bertukar pikiran telah membuat Sekretariat DPRD Kaltim mendapat masukan serta gambaran terkait peliputan dan kerja sama dengan media.

“Kami selaku Sekretariat DPRD Kaltim, sangat berterima kasih kepada wartawan parlemen Sumbar yang telah menyempatkan hadir dan berkunjung kesini. Diskusi dengan bertukar pikiran ini telah membuat kami mendapat berbagai masukan serta gambaran terkait peliputan dan kerja sama dengan awak media,” ungkapnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami juga berkeinginan untuk dapat melakukan hal yang sama dengan Sekretariat DPRD Sumbar. Banyak hal termasuk program yang perlu kami pelajari, termasuk berkaitan dengan kemitraan besama wartawan serta mengelola berbagai informasi,” ujarnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli DPRD Kaltim yang juga merupakan Ketua Forum Jurnalis Perempuan Provinsi Kaltim, Tri Wahyuni mengungkapkan bahwasanya saat ini DPRD Kaltim tengah berupaya menuju parlemen yang modern. Selain itu, ia juga mengatakan saat ini DPRD Kaltim tengah menerapkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Saat ini kami tenga berupaya menuju Parlemen yang Modern. Sekretariat DPRD Kaltim sangat menghargai kerja keras serta profesionalisme para wartawan,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut telah membuat mereka meraih penghargaan Kemerdekaan Pers dua kali secara berturut-turut di Tingkat Nasional.

“Kita di DPRD Kaltim sangat terbuka dengan para wartawan serta selalu menjaga profesionalisme media dalam peliputan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FWP-SB, Novrianto Ucok yang juga didampingi oleh Staf Humas dan Protokol DPRD Sumbar, Arnely Amran dan Ida Wulansari mengungkapkan bahwa Sekretariat DPRD Sumbar selalu memberikan kebebasan kepada para wartawan dalam melakukan peliputan.

Baginya, Sekretariat DPRD Sumbar telah membuka ruang bagi wartawan untuk terlibat aktif dalam melakukan peliputan kedewanan yang juga melibatkan rekan-rekan media lainnya dalam mengelola media sosial maupun majalah DPRD.

“Sekretariat DPRD Sumbar juga telah membuka ruang bagi kami para wartawan untuk terlibat aktif dalam melakukan peliputan kedewanan. Termasuk juga melibatkan rekan-rekan media lainnya dalam mengelola media sosial dan majalah DPRD,” terangnya.

Ucok juga memaparkan saat ini FWP-SB telah berusia 23 tahun dan telah memiliki badan hukum. Ia menyatakan komitmennya untuk terus berupaya memfasilitasi wartawan termasuk dalam mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bekerjasama dengan Lembaga Pers Doktor Soetomo (LPDS) Jakarta.

“Saat ini FWP-SB telah berusia 23 tahun, dan kami juga telah memiliki badan hukum. Selain itu, kami juga terus berupaya memfasilitasi para wartawan termasuk dalam mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang telah bekerjasama dengan Lembaga Pers Doktor Soetomo (LPDS) Jakarta,” tambahnya.

“Kami berharap DPRD Kaltim juga dapat memfasilitasi wartawan yang tertugas di lembaga ini serta membentuk organisasi wartawan,” harapnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan ajang foto bersama. Kemudian Staf Pendamping, Arnely Amran bersama Ida Wulansari memberikan cenderamata sebagai tali kasih dari Sumbar serta oleh-oleh khas Sumatera Barat, yakni kerupuk balado.

Arnely turut menyampaikan salam dari Sekwan Sumbar, Kabag, dan Kasubag, yang tidak dapat hadir karena banyaknya kegiatan yang perlu dibahas di DPRD Sumbar.

(HT)

Pos terkait