Erdison Nimli, Anggota DPRD Bukittinggi dengan Segudang Ilmu serta Komitmen pada Seni dan Budaya

Erdison Nimli, Anggota DPRD Bukittinggi dengan Segudang Ilmu serta Komitmen pada Seni dan Budaya

TOPSUMBAR – Erdison Nimli, yang akrab disapa Uncu, merupakan seorang anggota DPRD Kota Bukittinggi yang memiliki segudang ilmu pengetahuan, termasuk adat budaya Minangkabau, seni musik Minang, religi, sains, dan banyak lagi.

Berlatar belakang sebagai seorang seniman musik Minang dengan pengalaman luas, Erdison memulai kariernya sebagai musisi jalanan dan kemudian melanjutkan tampil dari pentas ke pentas melantunkan suara emasnya.

Saat berada di acara Festival Musik Jalanan se-Sumatera Barat (Sumbar) yang berlangsung di pusat kuliner Stasiun Lambuang pada Sabtu, 22 Juni 2024, Erdison menjelaskan bahwa dirinya dan para seniman Kota Bukittinggi tetap berkomitmen untuk terus berkarya di bidang seni.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, sampai kini kami masih berkomitmen untuk terus bergeliat di bidang seni. Kita orang Minang yang mempunyai kultur kaya dengan berbagai seni budaya termasuk seni musik. Ini harus kita kembangkan, karena ini hak milik kita dan karakter lokal yang menjadikan nilai jual kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Bukittinggi,” ujar Erdison.

Berbagai Kegiatan Seni dengan Dana Pokir

Berbagai kegiatan bidang seni telah digelar menggunakan dana pokok-pokok pikiran (pokir) tahun anggaran 2023-2024. Di antaranya, pagelaran musik gamad tradisional Minang pada Jumat malam, 21 Juni 2024.

Kemudian festival pemusik jalanan se-Sumatera Barat pada Sabtu malam, 22 Juni 2024 di sentra kuliner stasiun Lumbuang.

Selain itu, ada juga pagelaran kaligrafi Islami pada Minggu, 23 Juni 2024 di dalam ruangan pasar atas, serta pagelaran musik tradisional tambur, pupuit, dan pagelaran lainnya.

“Festival pemusik jalanan yang diadakan ini adalah aset Kota Bukittinggi dengan menampilkan pemusik jalanan se-Sumbar yang memperlihatkan kreasi dan kreativitas olah vokal, memainkan gitar akustik, dan alat musik lainnya yang non-elektrik. Inilah yang di nilai oleh tim juri. Kegiatan ini akan dilanjutkan setiap tahun, insya Allah tahun 2025 akan melebarkan sayapnya untuk tingkat Sumatera Barat, Jambi, dan Riau,” ucap Erdison.

Apresiasi dari Seniman Senior

Festival musik jalanan tersebut juga berhasil menghibur ratusan pengunjung di sentra kuliner stasiun Lambuang, baik dari dalam maupun luar Kota Bukittinggi. Acara ini juga dihadiri oleh seniman-seniman musik senior dan junior, termasuk Imran Boer, seorang seniman senior Minang dan pencipta lagu, serta bintang tamu dari Batam, Jup yang dikenal sebagai duplikat vokal Iwan Fals.

Imran Boer memberikan apresiasi kepada Erdison Nimli, yang menjadi inisiator festival pemusik jalanan ini.

“Dengan diadakannya acara ini, maka berkumpulah seniman-seniman pemusik jalanan se-Sumatera Barat di sentra kuliner stasiun Lumbuang. Dapat dikatakan Erdison Nimli sebagai pelopor pemersatu seniman-seniman pemusik jalanan kalangan tua dan muda,” ujar Imran Boer.

Harapan ke Depan

Imran Boer berharap bahwa tidak hanya Erdison Nimli, tapi juga anggota DPRD Kota Bukittinggi lainnya yang berjiwa seni dapat menyisihkan dana pokir untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan pemusik jalanan di Kota Bukittinggi.

“Tidak hanya pemusik-pemusik jalanan saja, tapi juga pencipta lagu Minang hendaknya diperhatikan kelangsungan kreasi dan kreativitasnya, seperti halnya Erdison Nimli yang berbagi dan menyisihkan dana pokirnya untuk kalangan seniman. Kota Bukittinggi tanpa adanya seniman tak akan ramai. Seniman merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bukittinggi yang dikenal sebagai Kota Wisata,” jelas Imran Boer.

Festival Musik Jalanan yang Meriah

Ketua panitia festival musik jalanan, Ade Rizki Tilatan, mengatakan bahwa acara ini menggunakan dana pokok pikiran (pokir) Erdison Nimli.

Sebanyak 20 peserta grup pemusik jalanan dari Kota Padang, Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi turut serta, membawakan lagu wajib Minang dan lagu bebas dari peserta. Acara berlangsung dari pagi hingga malam.

“Peserta memperebutkan hadiah uang tunai dan piagam untuk juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, 3. Festival musik jalanan sangat meriah dengan dihadiri bintang tamu legenda penyanyi Kota Bukittinggi dan Sumatera Barat,” pungkas Ade Rizki Tilatan.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait