Dukung Pemulihan Pascabencana, Bapanas RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Kabupaten Agam

Dukung Pemulihan Pascabencana, Bapanas RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Badan Pangan Nasional (Bapanas) Republik Indonesia telah menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada Kabupaten Agam yang terdampak bencana.

Bantuan ini diserahkan dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Bapanas RI, Arief Prasetyo Adi, di Kantor Walinagari Pasia, Kecamatan Ampek Angkek pada Rabu, 5 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Bapanas RI, Arief Prasetyo Adi, menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada seluruh masyarakat Kabupaten Agam yang terkena dampak bencana.

Bacaan Lainnya

“Kami datang hari ini untuk melihat proses pemulihan pascabencana di Kabupaten Agam,” ungkap Arief Prasetyo Adi.

Arief Prasetyo Adi juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus memonitor dan menerima pengusulan bantuan pangan untuk daerah-daerah terdampak bencana.

“Kami pastikan setiap daerah saat ini sudah memiliki Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) untuk mengatasi kebutuhan pangan masyarakat di saat darurat,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, Bapanas bersama mitra kerja menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 4 ton, minyak goreng 1600 liter, dan gula 800 kg.

Sebelumnya, Bapanas juga telah menyalurkan bantuan CPP berupa beras sebanyak 7,5 ton untuk 9 kecamatan yang terdampak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. H. Edi Busti, M.Si, dalam sambutannya, memaparkan kondisi terkini di Kabupaten Agam.

“Ada 16 kecamatan yang terdampak, dengan lima kecamatan yang paling parah yaitu Sungai Pua, Canduang, IV Koto, Ampek Angkek, dan Banuhampu,” jelasnya.

Edi Busti juga menyampaikan bahwa setelah tanggal 8 Juni, masa tanggap darurat akan berakhir dan Kabupaten Agam akan memasuki tahap transisi untuk perbaikan infrastruktur.

Hingga saat ini, kegiatan yang sedang berjalan meliputi normalisasi sungai, rekonstruksi, serta relokasi masyarakat yang terkena dampak.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait