DLH Pasaman Barat Pangkas Pohon Berpotensi Bahaya di Ruas Jalan Simpang Tiga Ophir – Simpang Empat

DLH Pasaman Barat Pangkas Pohon Berpotensi Bahaya di Ruas Jalan Simpang Tiga Ophir - Simpang Empat

TOPSUMBAR – Pohon pelindung yang ada di ruas jalan nasional Simpang Tiga Ophir – Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di pangkas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Petugas dari DLH Pasaman Barat memotong dahan dan ranting yang berpotensi dapat membahayakan pengguna jalan.

Terdapat ratusan pohon pelindung yang dirapikan oleh petugas di sepanjang ruas Jalan Nasional tersebut. Petugas menggunakan satu unit armada mobil skylife untuk memotong dahan dan ranting yang sudah sangat membahayakan keselamatan pengendara yang melintas.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala DLH Kabupaten Pasaman Barat, Ziad Abdul Rozaq, mengatakan pihaknya tidak hanya melakukan pemangkasan terhadap ranting dan dahan pohon pelindung yang menjulang ke badan jalan.

“Pekerja juga memotong sebagian batang pohon pelindung yang dianggap bisa membahayakan keselamatan pengendara,” ujar Ziad, Sabtu (1/6/2024).

Pemangkasan pohon dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat musim hujan, yang sampai saat ini masih terjadi di Pasaman Barat yang juga disertai dengan angin kencang.

Ia menyebut, pihaknya sengaja memangkas batang pohon pelindung yang berada di pinggir Jalan Sasional tersebut, lantaran posisinya yang sudah mengarah ke tengah jalan sehingga sangat membahayakan keselamatan pengendara.

“Pemangkasan ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan. Karena posisi batang pohon pelindung saat ini sudah sangat dekat dengan pengendara. Oleh karena itulah kami mengambil langkah antisipatif untuk menghindari kemungkinan kecelakaan dengan memangkas sebagian batang pohon tersebut,” jelasnya.

Proses pemangkasan pohon pelindung itu sempat menyebabkan kemacetan di ruas Jalan Nasional. Para pekerja membagi tugas membantu melancarkan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Pada kegiatan itu, tim DLH Pasbar dibantu langsung oleh personil Dinas Perhubungan Pasbar, BPBD Pasbar dan Camat setempat,” terangnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait