Diskominfo Kota Pariaman Ikuti Smart City Forum 2024 di Bali, Paparkan Capaian Berbagai Program

Diskominfo Kota Pariaman Ikuti Smart City Forum 2024 di Bali, Paparkan Capaian Berbagai Program

TOPSUMBAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman menghadiri Forum Smart City Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali.

Acara ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2024, dengan tema “Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Menuju Indonesia Emas Melalui Pembangunan Kota dan Kabupaten Cerdas 2024”.

Sekretaris Diskominfo Kota Pariaman, Riky Falantino, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kemenkominfo untuk mengevaluasi Gerakan 100 Smart City di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dalam pemaparannya, Riky Falantino menyampaikan bahwasanya Kota Pariaman telah menerapkan program smart city dan menjadi bagian dari gerakan ini.

“Evaluasi ini mencakup penilaian yang dilakukan oleh asesor dari kalangan akademisi, praktisi, serta unsur Kemenkominfo RI. Kota Pariaman telah memaparkan program-program smart city yang mencakup enam dimensi: smart governance, smart living, smart branding, smart society, smart environment, dan smart economy,” ujar Riky.

Riky juga menambahkan bahwa dalam evaluasi Smart City kali ini, pihaknya akan mengirim Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Tenaga Non-ASN di Dinas Kominfo untuk mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Kemenkominfo RI.

“Kami menyambut baik tawaran dari Kemenkominfo terkait pelatihan ini, karena kurangnya SDM yang mumpuni menjadi salah satu kendala dalam pengelolaan smart city di daerah. Kami berharap dengan adanya SDM yang mengikuti pelatihan, kendala teknis ini dapat teratasi,” tuturnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait