Cerita Tersisa dari Listrik Padam : Hp Lowbat Lalu Mati Berjam-jam, Aktivitas Terganggu dan Terasa Sepi

TOPSUMBAR – Setiap peristiwa kehidupan selalu meninggalkan cerita tersisa bagi orang yang mengalaminya.

Akan halnya pada Selasa, 4 Mei 2024 kemaren, peristiwa listrik padam di sejumlah kawasan di Sumatera khususnya di kota Padang Panjang, Sumatera Barat turut menjadi cerita tersisa bagi beberapa orang pengguna handphone.

Ayina (nama samaran), salah seorang pekerja media pers online misalnya, ia mengaku saat listrik padam baterai handphonenya low (rendah) tersisa 14 persen dan tidak lama kemudian hpnya mati.

“Waduh mati hp, berita belum selesai diketik,” ucapnya.

“Sepinya, sampai kapan listrik padam dan menyala lagi ya,” sambungnya bertanya kepada seseorang yang ada disebelahnya.

Seseorang itu menjawab jika hpnya juga lowbat.

“Sama, hp saya juga lowbat dan sebentar lagi mati,” ujarnya.

“Barangkali peristiwa serupa saat listrik padam juga dialami oleh banyak pengguna hp lainnya. Aktifitas menjadi terganggu dan saat hp tidak berfungsi berjam jam karena baterai kosong terasa ada yang sepi,” sahut seseorang lagi.

“Kecuali bagi yang memiliki power bank dan genset dimana mereka tetap bisa mengisi daya baterai hp,” imbuhnya menambahkan.

Pantauan Topsumbar.co.id, di Padang Panjang pada Selasa kemarin listrik padam dari pukul 11:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB dan malamnya listrik kembali padam dari pukul 22:00 WIB sampai pukul 04:00 Rabu, (5/6/2024).

Sementara itu, dikutip dari akun medsos PLN Divisi Operasi Distribusi Sumkal yang di share anggota grup whatsapp, menerangkan padamnya listrik karena adanya gangguan jaringan kabel tegangan tinggi di Lubuk Linggau – Lahat, Sumatera Selatan.

“Telah terjadi gangguan pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV jurusan Linggau-Lahat pada pukul 11.00 WIB. Hal ini menyebabkan kelistrikan di Sumsel, Jambi, Bengkulu, dan sebagian sistem interkoneksi Sumatera terganggu,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya di Instagram plnsumbar.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa saat ini progress pemulihan gangguan SUTT 275 kV Line 1,2 Lahat-Lubuk Linggau masih terus dilakukan.

“Saat ini sistem transmisi alami gangguan di SUTT 275 kV Linggau-Lahat. Sistem Transmisi ini ialah jaringan inter koneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera. Maka, ketika sistem ini terjadi gangguan, maka dampaknya ke banyak daerah di Pulau Sumatera,” ucap Manajer Komunikasi & TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi, Bengkulu (S2JB) Iwan Arissetyadhi di kutip dari detik.com.

Baca Juga :
https://www.topsumbar.co.id/2024/06/9-provinsi-di-pulau-sumatera-alami-pemadaman-listrik-ini-penyebabnya/

(AL)

Pos terkait