Bupati Sijunjung Tebar 10.000 Bibit Ikan di Nagari Langki

Bupati Sijunjung Tebar 10.000 Bibit Ikan di Nagari Langki

TOPSUMBAR – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang melakukan penebaran 10.000 bibit ikan di Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang pada Kamis, 20 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, bupati turut didampingi oleh Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Adri, S.Pt, Plt. Sekdis Paian, SP, ME, Koordinator BPP Kecamatan Tanjung Gadang Jasril, S.Pt, serta penyuluh setempat Sutekno disaksikan ratusan pasang mata.

Bibit ikan yang ditebar di Lubuk Larangan Batang Langki kali ini, yaitu jenis ikan Nila yang kaya akan kalori, protein, vitamin B3, vitamin B12, kalium, fosfor serta selenium.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Kabupaten Sijunjung telah berhasil meraih Juara Satu Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2023 lalu.

Pada hari Selasa tanggal 26 September 2023, hadiah prestisius itu diserahkan oleh Ketua FORIKAN Propinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi di Padang.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi tim, kami mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan seluruh pihak,” demikian diungkapkan Adri, S.Pt kala itu.

FORIKAN adalah sebuah program yang digagas Kementerian Kelautan dan Perikanan, guna mensinergikan program dan kegiatan demi peningkatan konsumsi ikan ditengah masyarakat.

Berkat kolaborasi apik antar stakeholder, di Sijunjung bahkan telah terbentuk FORIKAN hingga ketingkat nagari.

Tak hanya fokus pada budidaya, namun FORIKAN pun telah meluas ke berbagai kegiatan.

“Ikan telah kita olah menjadi beragam olahan nugget, bakso, kue lumpur, lele asap, dendeng ikan, regika, chika, risol ikan, abon tuna dan stik ikan” ujar Ny. Riri Benny Dwifa selaku ketua FORIKAN suatu ketika.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait